Ratusan Motor Racing Mengaspal di Kota Kendari, Usia Pembalap Ada yang 12 Tahun

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 24 Juni 2023
0 dilihat
Ratusan Motor Racing Mengaspal di Kota Kendari, Usia Pembalap Ada yang 12 Tahun
Peserta ajang balapan road race Kajurda Putaran Tiga di Kelurahan Benu-benua, Kota Kendari digelar. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Ajang balapan motor skala nasional digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (24/6/2023). Ratusan pembalap ikut serta dalam kejuaraan road race yang dinamakan Kajurda Putaran 3 tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Ajang balapan motor skala nasional digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (24/6/2023). Ratusan pembalap ikut serta dalam kejuaraan road race yang dinamakan Kajurda Putaran 3 tersebut.

Kejuaraan yang digelar di Taman Meohai, Kelurahan Benu-benua, Kecamatan Kendari Barat tersebut mengundang banyak penonton pecinta motor balap, maupun masyarakat biasa untuk sekedar menghabiskan akhir pekan.

Selain arena balapan yang ditandai dengan batas-batas karung berisi pasir, di luarnya berdiri juga puluhan tenda tempat para pebalap menyiapkan kendaraannya.

Salah seorang manager pendamping dari klub motor Fitrah Yudi Racing Team, Yusril menyiapkan empat pebalap yang siap bertanding dalam ajang tersebut. Meski hanya empat pebalap, ada sembilan motor yang dipersiapkan untuk mengaspal di arena balapan.

Baca Juga: Hasil Penelitian Administrasi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Sulawesi Tenggara Wilayah II Diumumkan

Sembilan motor tersebut mulai dari merek Mx King, Fiz R, Jupiter Z, Mio G, hingga Honda Beat, semua motor tersebut tentu telah dimodifikasi untuk memenuhi standar kategori dari road race, yang dilansir dari Modifikasi.id, sebagai berikut:

1. Kelas motor bebek yang menggunakan mesin 110 cc 4 Langkah Tune up Seeded (kelas terawal), disingkat dengan istilah: MP 1.

2. Kelas motor bebek yang menggunakan mesin kapasitas 125 cc 4 Langkah Tune up Seeded, disingkat istilah: MP 2.

3. Kelas motor bebek yang menggunakan mesin kapasitas 110 cc 4 Langkah Tune up Pemula A (kelas menengah), disingkat dengan istilah: MP 3.

4. Kelas motor bebek yang menggunakan mesin kapasitas 125 cc 4 Langkah Tune up Pemula A, disingkat dengan istilah: MP 4.

5. Kelas motor bebek yang menggunakan mesin kapasitas 110 cc 4 Langkah Standar Pemula B (kelas tertinggi), disingkat dengan istilah: MP 5.

6. Sedangkan untuk Kelas Stock Sport yang menggunakan mesin 600 cc Terbuka, disingkat dengan istilah: MP 6.

Ia mengaku dapat menghabiskan hingga ratusan juta rupiah untuk memodifikasi mesin, pengereman, ban, dan lainnya dari motor  tersebut agar menjadi motor racing.

Salah seorang pebalap, Muhammad Gardan (17) mengaku siap menghadapi kompetisi tersebut. Ia sendiri sudah menekuni dunia balap motor sejak umur 14 tahun. Ia sendiri dikenalkan dunia balap motor oleh sang ayah yang juga hobi bermotor.

Tiga tahun mengaspal, Gardan rupanya telah menjuarai banyak kompetisi balap, terakhir ia memenangkan juara 1 di Kadin Cup yang diselenggarakan di Raha, Kabupaten Muna. Setiap harinya Gardan latihan bermotor hingga tiga jam dari pukul 2 siang hingga 5 sore.

Pebalap lain, Rain yang masih berumur 12 tahun berani mengikuti olahraga yang dikenal ekstrem tersebut. Ia mengaku siap secara fisik dan keahlian untuk menghadapi kompetisi kali ini.

Sama seperti Gardan, Rain mencintai hobi bermotornya dari sang ayah yang juga pebalap. Meski baru satu tahun mengaspal, ia sudah menjuarai berbagai kompetisi salah satunya Bupati Cup Kolaka Timur untuk kategori Rx King 150.

Ketua panitia Kajurda Putaran 3, Ali Irda Ramadhan mengatakan, tema kejuaraan kali ini bertagline kembali ke barat, tema tersebut diangkat karena pihaknya yang baru melaksanakan kembali Kajuda tersebut di Kendari Barat kembali setelah 14 tahun lamanya.

Baca Juga: Pembangunan Kantor Gubernur Maksimalkan Pelayanan Pemerintah pada Masyarakat

Ia menjelaskan, ada kurang lebih 200 pebalap yang mengaspal di arena balap yang berjarak 1,2 kilometer tersebut. Meski bernama Kajurda, antusias pebalap yang berpartisipasi rupanya sampai ke luar daerah, mulai dari Bone, Palu, Makassar, dan lainnya.

Ada 17 kategori yang akan dilombakan, kategori tersebut berdasarkan cc motor dan tipikal motor yang dibalap. Mulai dari kategori matic 135, 116 hingga 125 cc.

Pemenang juara umum akan mendapatkan satu unit motor dan uang pembinaan jutaan rupiah.

Sementara itu Kajurda Putaran 3 masih berlangsung hingga puncak finalnya esok hari, Minggu, (25/6/2023). (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga