Ratusan Pendukung Padati Kantor Bappeda Saat Pelantikan 39 Kepala Desa di Buton Utara

Aris, telisik indonesia
Selasa, 26 Juli 2022
0 dilihat
Ratusan Pendukung Padati Kantor Bappeda Saat Pelantikan 39 Kepala Desa di Buton Utara
Ratusan warga memadati halaman kantor Bappeda Kabupaten Buton Utara, saat pelantikan kepala desa terpilih hasil pilkades serentak. Foto: Aris/Telisik

" 39 kepala desa terpilih periode 2022-2028 dilantik oleh Bupati Buton Utara, H. Muh Ridwan Zakariah. Kepala desa yang dilantik merupakan hasil pemilihan kepala desa serentak pada 19 Juni lalu "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Ratusan pendukung kepala desa terpilih memadati halaman kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Buton Utara, Selasa (26/7/2022).

Masyarakat yang berasal dari 39 desa di Kabupaten Buton Utara itu datang berbondong-bondong untuk menyaksikan prosesi pelantikan kepala desa terpilih, meski mereka tak bisa masuk ke ruangan pelantikan.  

39 kepala desa terpilih periode 2022-2028 dilantik oleh Bupati Buton Utara, H. Muh Ridwan Zakariah. Kepala desa yang dilantik merupakan hasil pemilihan kepala desa serentak pada 19 Juni lalu.

Bupati Buton Utara, H Muh Ridwan Zakariah mengucapkan selamat kepada para kepala desa yang telah dilantik.

Ridwan Zakariah mengatakan, keberhasilan otonomi daerah sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Baca Juga: Bakal Digugat ke PTUN, Ketua Panitia Pilkades: Itu Hak Dia

"Kepala desa dituntut untuk mampu memberdayakan sumber daya yang ada," kata Bupati Ridwan Zakariah dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Desa Kadacua, Bardimin, usai dilantik mengatakan, dirinya akan melakukan pembenahan di desa yang ia pimpin.

Ia mengungkapkan, ada beberapa potensi sumber daya pertanian yang bisa dikembangkan di Desa Kadacua. Hal itu kata dia, karena lahan pertanian di Desa Kadacua sangat subur. Selain itu juga potensi pariwisata di desa tersebut.

Baca Juga: Empat Putra Daerah Ikut Fit and Proper Test Calon Pj Bupati Kolaka Utara

"Kadacua kan dikenal dengan wisata Pantai Membuku. Itu yang pertama kita fokuskan. Kita akan benahi untuk menambah daya tarik terhadap pengunjung pantai," ujar Bardimin yang memenangkan Pilkades Kadacua, meraih 214 suara, ditemui usai pelantikan.

Untuk diketahui, turut hadir pada pelantikan itu, Ketua DPRD Rukman Basri, Wakil Bupati Buton Utara Ahali, Sekretaris Daerah Muh Hardhy Muslim, Komandan Kodim 1429 Buton Utara, Jajaran Polres setempat dan para kepala OPD lingkup Pemkab Buton Utara.

Selain itu, camat se-Kabupaten Butur dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa yang melaksanakan pilkades serta para tamu undangan lainnya. (B)

Penulis: Aris

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga