Rawan Terpapar COVID-19, DPR RI Imbau Ibu-Ibu Tunda Kehamilan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 11 September 2020
0 dilihat
Rawan Terpapar COVID-19, DPR RI Imbau Ibu-Ibu Tunda Kehamilan
Anggota Komisi IX DPR RI, Lucy Kurniasari. Foto: Ist.

" Sangat riskan sekali untuk terpapar. Oleh sebab itu, saya imbau untuk menunda terlebih dahulu untuk hamil. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Anggota Komisi IX DPR RI, Lucy Kurniasari mengatakan, pihaknya mengimbau agar Ibu-ibu rumah tangga saat ini untuk menunda kehamilan.

Pasalnya, pandemi COVID-19 di Jawa Timur (Jatim) masih tinggi sehingga rawan terpapar virus mematikan itu.

"Sangat riskan sekali untuk terpapar. Oleh sebab itu, saya imbau untuk menunda terlebih dahulu untuk hamil," ujarnya saat melakukan sosialisasi pelayanan KB bersama BKKBN di Surabaya, Jumat (11/9/2020).

Diungkapkannya, perubahan sistem imun yang terjadi pada kehamilan dapat membuat Ibu hamil lebih rentan terkena infeksi COVID-19 dan lebih berisiko mengalami gejala penyakit yang berat dan fatal.

Baca juga: Puan Maharani Soroti Melonjaknya Kasus COVID-19

Kata Lucy, dirinya juga mengingatkan kepada Ibu-ibu rumah tangga untuk lebih memperhatikan protokol COVID-19 dalam kehidupan sehari-harinya terutama dalam keluarga.

“Lingkungan yang terkecil adalah keluarga. Dengan membiasakan protokol COVID-19 di internal keluarga antara lain rajin cuci tangan, gunakan masker hingga menghindari kerumunan dan jaga jarak akan mempersempit penyebarannya,” jelasnya.

Wanita yang juga Ketua DPC Demokrat Surabaya ini menuturkan, pihaknya mengimbau agar pasangan suami istri usia produktif harus tetap menjaga keharmonisan keluarga dengan tetap menggunakan kontrasepsi.

"Preventif itu jauh lebih baik daripada nantinya terjangkit COVID-19," pungkasnya.

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga