Rawan Terpapar COVID-19, Polda Jatim Larang Orang Tua dan Anak Ikut Kampanye

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Sabtu, 05 September 2020
0 dilihat
Rawan Terpapar COVID-19, Polda Jatim Larang Orang Tua dan Anak Ikut Kampanye
Kapolda Jatim, Irjen Pol Fadil Imra bersama Wabup, Emi Dardak. Foto: Try Wahyuni Ari Setyawan/Telisik

" Jadi kesimpulannya tidak usah diajak ikut kampanye atau dukung mendukung paslon khusus kepada para orang tua yang rentan terkena virus COVID-19. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kapolda Jatim, Irjen Pol Fadil Imran mengingatkan calon kepala daerah yang mendaftar di KPU kabupaten atau kota maupun melakukan gelar kampanye di Pilkada serentak untuk tidak melibatkan orang tua dan anak. Pasalnya rentan tertular COVID-19.

Katanya, berdasarkan data Gugus Tugas COVID-19 Jatim, angka kematian tertinggi berusia pada tataran orang tua dengan komorbid.

"Jadi kesimpulannya tidak usah diajak ikut kampanye atau dukung mendukung paslon khusus kepada para orang tua yang rentan terkena virus COVID-19," jelas Fadil Imran di Surabaya, Sabtu (5/9/2020).

Pria kelahiran Makassar ini mengatakan, peta kerawanan menjelang Pilkada serentak 2020 di Jatim tidak hanya disebabkan konstelasi politik yang sedang berkembang. Namun juga ada faktor lain seperti adanya pandemi COVID-19.

Baca juga: Pembangunan Bandara di Kolut Menunggu Penetapan Lokasi dari Kemenhub

Tak hanya itu katanya, bergulirnya gelaran Liga I Sepak Bola Nasional juga akan menambah konsentrasi para aparat keamanan.

"Liga I ini, berdasarkan analisis kami, klub-klub yang ikut di Liga I merupakan daerah-daerah yang penyebaran COVID-19 nya cukup tinggi di Jatim," ungkapnya.

Fadil menambahkan, agar demokrasi saat ini tidak hanya melihat kerawanan dari segi politiknya saja. Tetapi ada kerawanan lain di sektor medis akibat pandemi COVID-19.

"Maka, penerapan kepatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi tantangan utama Pilkada serentak 2020 di masa pandemi COVID-19 ini," ungkapnya.

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga