RDP di DPRD Sumut Berlangsung Tertutup, Wartawan Dilarang Meliput

Ones Lawolo, telisik indonesia
Rabu, 03 Maret 2021
0 dilihat
RDP di DPRD Sumut Berlangsung Tertutup, Wartawan Dilarang Meliput
RDP Komisi D DPRD Sumut dengan Dinas PSDA Sumut. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Kenapa kita buat rapat tertutup, karena pembahasan kita ini masalah tambahan dan angka urgen. Takutnya nanti kita masih membahas, berita sudah keluar. "

MEDAN, TELISIK.ID - Komisi D DPRD Sumatera Utara (Sumut) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) secara tertutup bersama Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumut.

Rapat yang berlangsung itu, digelar di ruangan komisi D DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (3/3/2021).

Sejumlah awak media yang sudah menunggu untuk meliput di dalam ruangan rapat tersebut, disuruh keluar dengan alasan rapat yang digelar secara tertutup.

Ketua Komisi D DPRD Sumut, Delpin Barus, ST meminta awak media agar meninggalkan dan keluar dari ruangan komisi D, setelah anggota komisi D, Aris Wibowo, SH mempertanyakan apakah RDP tersebut digelar atau terbuka karena ada wartawan.

"Ijin pak pimpinan, kalau dibolehkan rapat kita ini dibuat secara tertutup karena di sini ada wartawan. Saya pernah ikut RDP di DPR RI, mereka buat RDP itu tertutup karena pembahasan masih angka," kata Aris Wibowo, SH.

Ia pun menyampaikan alasan RDP tersebut diharuskan berlangsung tertutup.

Baca juga: Tak Punya SK Gubernur, Nasib Guru di Madura Memprihatinkan

"Kenapa kita buat rapat tertutup, karena pembahasan kita ini masalah tambahan dan angka urgen. Takutnya nanti kita masih membahas, berita sudah keluar," tambahnya sembari menutup mikrofon.

Kemudian, Ketua Komisi D DPRD Sumut, Delpin Barus, ST langsung menanggapi masukkan anggotanya tersebut dengan menyarankan wartawan keluar dari ruangan ini.

"Dengan besar harapan kami, hormat kami, staf dan kawan-kawan Pers, mohon keluar. Rapat ini tertutup, mohon maaf ya. Bila ada yang perlu ditanya nanti silakan ditanya setelah rapat ini," tutur Delpin Barus, ST.

Usai rapat selesai, beberapa wartawan menyambangi Ketua Komisi D DPRD Sumut, Delpin Barus ke ruangan komisi D dengan dipertanyakan alasan RDP tertutup.

Namun, Delpin Barus menjelaskan bahwa RDP tersebut tertutup karena masukan dari kawan-kawan anggota Dewan lainnya yang bernama Aris Wibowo, SH.

"Ah, itu masukkan dari kawan-kawan tadi," pungkasnya mengakhiri sembari menutup diri. (B)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga