Refleksi Akhir Tahun, Golkar Jatim Beber Cara Menangkan Pilkada 2020

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 31 Desember 2020
0 dilihat
Refleksi Akhir Tahun, Golkar Jatim Beber Cara Menangkan Pilkada 2020
Ketua Golkar Jatim, M Sarmuji. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Calon yang bisa memperkuat jaringanlah yang bisa menang. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ketua Golkar Jatim, Mohammad Sarmuji mengatakan, kampanye model virtual dalam gelaran Pilkada serentak 2020 merupakan sebuah tantangan  besar bagi calon kepala daerah dalam kampanye.

Namun demikian, beberapa daerah di Jatim yang menggelar Pilkada berhasil dimenangkan Golkar.

"Kami sempat mengikuti sejumlah calon, mereka memperkuat jaringan, dan jaringanlah yang melakukan sosialisasi untuk calon kepala daerah yang diusung maupun didukung oleh partai Golkar," kata Sarmuji yang juga Anggota DPR RI ini dalam refleksi akhir tahun 2020 di Surabaya, Kamis (31/12/2020).

Diungkapkan Sarmuji, dengan menggunakan metode tersebut, para calon kepala daerah dari Partai Golkar masih tetap bisa memenangkan Pilkada di daerahnya masing-masing.

"Calon yang bisa memperkuat jaringanlah yang bisa menang," katanya.

Sarmuji mengungkapkan, jaringan yang kuat justru menghadirkan basis masa yang riil.

Baca juga: Pilpres 2024 Megawati Diprediksi Calonkan Prabowo-Puan Maharani

"Massa (kampanye) yang besar biasanya mobilisasi. Massa yang kecil justru kebanyakan merupakan partisipasi. Partisipasi jaringan yang berkembang ke para pemilih," katanya.

Selain itu, serangan udara yang disampaikan melalui penyampaian video biografi hingga kegiatan calon juga dinilai lebih efektif.

"Jaringan perang udara juga bagus untuk membangun persepsi terhadap calon. Ini melengkapi serangan darat dengan menampilkan video untuk membangun persepsi positif terhadap calon," katanya.

Sekedar diketahui, Partai Golkar mencatatkan hasil positif di Pilkada serentak 2020. Selain menang di sembilan daerah dari 19 daerah Pilkada, Golkar juga mengantarkan sejumlah kadernya sebagai kepala daerah.

Partai Golkar telah berhasil  mendudukkan kader partainya  sebagai kepala daerah maupun wakil kepala daerah. Kader Golkar yang menang di antaranya: Calon Bupati Tuban (Aditya Halindra Faridzki), Calon Wakil Wali Kota Pasuruan (Adi Wibowo), dan Calon Wakil Bupati Pacitan (Gagarin). (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga