Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Baru Percepatan Penanganan COVID-19

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Rabu, 10 Juni 2020
0 dilihat
Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Baru Percepatan Penanganan COVID-19
Dokter Reisa akan mengajak masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. Foto: Repro Google.com

" Baguslah... saya kasihan sekali lihat wajah dr. Yurianto setiap konperensi pers, sangat lelah, sehingga kadang-kadang kurang menarik untuk disimak. Beda sekali saat pertama kali dia tampil selaku jubir pemerintah bidang Corona. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Selama ini, banyak masyarakat mengaku kasihan melihat Yurianto di layar kaca yang tampak kelelahan saat konferensi pers.

Akhirnya, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman kemarin mengumumkan, dr Reisa Broto Asmoro sebagai juru bicara baru percepatan penanganan COVID-19.

"Baguslah... saya kasihan sekali lihat wajah dr. Yurianto setiap konperensi pers, sangat lelah, sehingga kadang-kadang kurang menarik untuk disimak. Beda sekali saat pertama kali dia tampil selaku jubir pemerintah bidang Corona," tulis akun @kapuyuak_24285.

Kemudian, nama dr Reisa Broto Asmoro mendadak jadi bahan pembicaraan netter, Selasa (9/6/2020).

Saat tampil sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, dia tampil dengan setelan pakaian formal dan makeup. Reisa terlihat sangat memukau. Ditambah dengan berbagai pengalamannya saat mengikuti ajang kontes kecantikan hingga membawakan acara televisi, penampilan Reisa malam itu tidak hanya memukau, tapi juga sangat jelas dan meyakinkan.

Adapun tugasnya sekarang ini adalah mendampingi Achmad Yurianto dalam menyampaikan informasi perkembangan kepada masyarakat. Jadi pantas jika kemudian caranya menyampaikan informasi dinilai jelas dan mudah dimengerti.

Baca juga: Keluarga Jemput Paksa PDP COVID-19 di RSUD Baubau

Hingga sekarang, ada dua Jubir COVID-19, yaitu Dokter Yurianto dan Dokter Reisa. Mereka berdua akan mengajak masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Kini, tidak dipungkiri, Reisa Broto Asmoro akan menjadi sosok yang menyegarkan setelah selama tiga bulan Yurianto menjadi juru bicara tunggal yang menghiasi layar kaca setiap harinya.

Lalu, beragam komentar dari masyarakat dan warganet pun bermunculan. Mereka mengaku sepakat dengan langkah pemerintah yang memilih Reisa sebagai juru bicara kedua, setelah Yurianto.

Sehingga dengan adanya Reisa, maka dapat menjadi penyegar saat mengumumkan tentang update COVID-19.

Banyak pula warga masyarakat dan warganet yang setuju lantaran Dokter Reisa terlihat cantik. Dan sebagian lagi, memberikan selamat pada Reisa untuk menjalankan tugas barunya.

"Harusnya juru bicara atau jubir itu yang kayak gini. Selain isi, penyampai juga penting," tulis @taryokulanjar.

"Selamat bekerja buat dokter Reisa Broto Asmoro @Reisa_BA yg telah ditunjuk sebagai Jubir Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional COVID-19," tulis akun Twitter @Widyarenee.

"Jubir cantik satgas Corona nih... Smiling face with heart-shaped dr. Reisa Broto Asmoro," tulis akun Twitter @goodsinaga28.

Baca juga: Penjual Gorengan Berparas Cantik di Yogyakarta, Menarik Banyak Pembeli

"Selamat bertugas bu dokter cantikehhhh," tulis akun @iwandjola.

Kini, perempuan bernama asli Reisa Kartikasari itu ditunjuk menjadi anggota tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Dokter Reisa Broto Asmoro bukanlah orang baru di dunia hiburan tanah air. Makanya dia yang kini akan menyampaikan informasi dan edukasi pencegahan COVID-19.

Selain dikenal sebagai dokter, Reisa juga alumnus Puteri Indonesia, model, serta presenter televisi sebelum menikah dengan Kanjeng Raden Harya Tumenggung (KRHT) Tedjodiningrat Broto Asmoro. Keduanya yang menikah di Surakarta, 9 November 2012, telah dikaruniai dua anak.

Reisa Broto Asmoro yang lahir di Malang 28 Desember 1985 sempat dikenal publik sebagai salah satu finalis Puteri Indonesia 2010.

Waktu itu, Reisa mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di ajang kontes kecantikan itu, Reisa mendapat juara kedua sekaligus memperoleh gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010.

Kemudian, mengantarkannya mewakili Indonesia di ajang Miss International 2011 di Tiongkok. Tampil sebagai perwakilan Indonesia, Reisa tampak sangat percaya diri dan meyakinkan.

Baca juga: Lima Pasien Corona di Bombana Sembuh, Tujuh Lainnya Masih Dirawat

Reisa Broto Asmoro juga dikenal sebagai sosok dokter berdedikasi tinggi. Pernah tergabung dalam DVI (Dissaster Victim Identification). Selain itu, membawakan sebuah acara talkshow kesehatan "Dokter Oz Indonesia" yang menyampaikan berbagai informasi seputar kesehatan.

Penampilannya yang menarik dan cara penyampaiannya yang jelas membuat nama Dokter Reisa semakin dikenal luas. Tidak hanya membawakan sebuah acara saja, kini Reisa juga membawakan sebuah acara bertemakan parenting.

Tidak hanya cantik dan pintar. Reisa Broto Asmoro juga punya segudang prestasi. Salah satunya dinobatkan sebagai Duta Gizi Gaya Hidup Sehat 2020.

Jadi rasanya semakin wajar saja jika dokter cantik satu ini mengemban tanggung jawab yang besar dengan jadi Jubir Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga