Relawan Muda Bencana Kota Kendari Aksi Bersih-Bersih Sungai

Nyoman Andre Mahendra, telisik indonesia
Minggu, 18 Juni 2023
0 dilihat
Relawan Muda Bencana Kota Kendari Aksi Bersih-Bersih Sungai
Gerakan membersihkan sungai dilakukan untuk menjaga lingkungan dan menjaga keasrian Kota Kendari melalui sungai-sungainya. Foto: Nyoman Andre Mahendra/Telisik

" Aliran sungai di Kota Kendari saat ini terpantau aman dari banjir. Tetapi banyaknya sampah di aliran sungai, akan membahayakan jika tidak segera ditangani dengan baikl "

KENDARI, TELISIK.ID - Wilayah Kota Kendari saat ini sedang mengalami intensitas hujan yang sangat tinggi. Hal itu berdampak pada beberapa aliran sungai yang mendapat kiriman sampah dari hulu.

Aliran sungai di Kota Kendari saat ini terpantau aman dari banjir. Tetapi banyaknya sampah di aliran sungai, akan membahayakan jika tidak segera ditangani dengan baik, dan akan menimbulkan bencana yang tidak diinginkan.

Yasin, Ketua Relawan Muda Bencana Kota Kendari (RMBKK) mengungkapkan, gerakan membersihkan sampah di aliran sungai, sudah mereka lakukan sejak tahun 2022 lalu. Mereka menyusuri titik-titik sungai dan beberapa lokasi yang terjadi penumpukan sampah di alirannya.

"Gerakan ini kami bangun untuk menjaga lingkungan dan menjaga keasrian Kota Kendari melalui sungai-sungainya," ujar Yasin, di sela-sela kegiatan aksi bersih DAS Wanggu, di Kelurahan Lahundape, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Minggu (18/6/2023).

Baca Juga: Pemuda Mubar Ini Jadi Relawan Pendidik di Banten

Yasin dan teman-temannya melakukan aksi bersih-bersih sungai di satu titik dan diupayakan agar benar-benar tuntas sesuai target, meskipun mereka bekerja dengan fasilitas seadanya dan kemampuan yang ada.

"Kami sudah berkomunikasi dengan dinas terkait agar kami dipinjamkan alat, tapi sampai hari ini responnya belum ada. Jadi kami konsisten dengan gerakan yang kami bangun walau dengan kekuatan seadanya,“ tutur Yasin.

Dia mengatakan, gerakan menjaga lingkungan seperti ini diharapkan mendapat dukungan dari masyarakat, agar bisa saling gotong royong menjaga kebersihan dan keasrian Kota Kendari.

Sementara itu, Asisten Eksekutif Manajer Claro Hotel, Abdullah, mengaku sangat antusias ketika RMBKK mengajak berkolaborasi membersihkan sampah di sekitar Hotel Claro.

Baca Juga: Relawan Bersama Warga Atasi Masalah Pertanian di Konawe

"Sebenarnya kami sudah lakukan gerakan semacam ini juga dengan program kerja perusahaan kami, ditambah dengan gerakan kawan-kawan ini, kami makin semangat untuk melakukan gerakan ini," tutur Abdullah.

Dia memuji dan berterima kasih kepada RMBKK karena masih ada anak-anak muda yang peduli dengan lingkungan. Dia berharap, dengan kegiatan ini, akan terwujud Kendari bersih dan bebas sampah serta Kendari bebas bencana.

Kegiatan ini dilakukan oleh puluhan orang dari berbagai elemen masyarakat, dengan menggandeng Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Lingkungan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Hotel Claro dan masyarakat sekitar. (B)

Penulis: Nyoman Andre Mahendra

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga