Remaja Diimbau Jalani Pola Hidup Sehat Demi Cegah Stunting

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 21 Desember 2022
0 dilihat
Remaja Diimbau Jalani Pola Hidup Sehat Demi Cegah Stunting
Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara gelar evaluasi rencana tindak lanjut audit kasus stunting. Foto: Ist.

" Stunting masih menjadi salah satu masalah yang dihadapi berbagai daerah di Indonesia, termasuk Sulawesi Tenggara. Untuk mencegah stunting ini, pola hidup sehat harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Stunting masih menjadi salah satu masalah yang dihadapi berbagai daerah di Indonesia, termasuk Sulawesi Tenggara. Untuk mencegah stunting ini, pola hidup sehat harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Edukasi tentang pencegahan stunting dilakukan sejak dini, yakni kepada para remaja. Caranya dengan mengajak masyarakat dan remaja untuk melakukan pola hidup sehat dan menghindari pergaulan bebas untuk melahirkan generasi sehat bebas stunting.

Seperti disampaikan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara, Asmar, stunting terjadi disebabkan karena banyak faktot, terutama pola hidup yang tidak sehat.

Baca juga: Stok Sembako di Kota Kendari Terpantau Aman hingga Akhir Tahun

Di mana kata dia, hidup sehat yang dimaksud yakni mengonsumsi makanan bergizi dan mengurangi makanan instan.

Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara gelar evaluasi rencana tindak lanjut audit kasus stunting. Foto: Ist.

 

“Makanan instan boleh, namun harus dibarengi dengan makanan yang mengandung protein seperti telur, ikan, ayam dan sebagainya,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Selain itu kata Asmar, pola hidup sehat juga dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan dengan memperhatikan jamban, sanitasi, dan air bersih. Sebab jika pola hidup tidak bersih, maka anak anak mudah terserang penyakit.

Baca juga: Sengketa Lahan Warga dan PT. Anugerah Alam Buana Indonesia Masih Terus Berlanjut

“Kalau anak sering sakit, diare dan lainnya, maka itu akan mengurangi cairan dalam tubuhnya. Ia pun akan kekurangan gizi untuk bisa mengalami pertumbuhan yang baik,” ujarnya.

Dikutip dari p2ptm.kemenkes.go.id, stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih. Salah satu dari pencegahan stunting dari segi pola makan yaitu mengerti konsep tentang makanan sehat dan bergizi. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga