Rencana Dihadiri 11 Kepala Negara, Begini Pengamanan ASEAN Sumnit di Labuan Bajo

Berto Davids, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
Rencana Dihadiri 11 Kepala Negara, Begini Pengamanan ASEAN Sumnit di Labuan Bajo
ASEAN Sumnit 2023 di Labuan Bajo akan dihadiri oleh 11 kepala negara dan pengamanannya pun akan dibuat super prioritas. Foto: Ist.

" Polda NTT saat ini sedang mempersiapkan pengamanan menjelang ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur saat ini sedang mempersiapkan pengamanan menjelang ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk memastikan situasi yang aman dan kondusif, Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma meminta seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat khususnya di Labuan Bajo untuk berperan aktif dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Ia mengatakan, dipilihnya Labuan Bajo oleh Presiden Joko Widodo sebagai tempat diselenggarakan kegiatan pertemuan yang akan melibatkan 11 kepala negara ASEAN.

Hal ini, kata dia, merupakan berkah bagi masyarakat di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Kabupaten Manggarai Barat.

“Dengan kondisi Labuan Bajo yang belum siap untuk selenggarakan KTT ASEAN, namun presiden telah menetapkan Labuan Bajo sebagai tuan rumah. Ini berkah bagi kita. Akan ada 11 kepala negara dan sekjen negara ASEAN yang hadir, diperkirakan masing-masing kepala negara akan membawa rombongan kurang lebih 40-50 orang," tutur Kapolda, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Indonesia Ketua ASEAN 2023

Ia menambahkan, hingga saat ini, pihaknya terus melakukan agenda pengecekan pada setiap lokasi yang akan menjadi titik kegiatan dari gelaran ASEAN Summit 2023 ini.

“Saat ini kita terus melakukan persiapan terutama menunggu arahan dari pusat. Hari ini juga kita akan mengadakan beberapa survei lokasi lagi sehingga memperlengkapi perencanaan operasi kita. Jadi sampai sekarang masih tahap penyusunan terus,” ujarnya.

Dalam upaya menyukseskan gelaran KTT ASEAN Summit nanti, Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma memastikan pengamanan super prioritas akan diberikan kepada para kepala negara dan delegasi negara ASEAN saat konferensi tingkat tinggi ini nanti dilaksanakan.

Baca Juga: Jelang ASEAN Sumnit 2023 di Labuan Bajo Polda Nusa Tenggara Timur Perkuat Koordinasi

“Sejauh ini keamanan kondusif, kita agenda memantau. Kita memantau bukan hanya sekali tapi berkali-kali, seperti rute ke Golo Mori setiap jengkal tanah kita amati dan observasi kondisinya seperti apa, gangguannya seperti apa, dimana kendaraan harus lewat, kemudian dimana posisinya parkir, semuanya kita amati. Ini kepala negara, pengamanannya harus super prioritas, kita mendukung supaya gangguan hal-hal kecil tidak terjadi,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolres Manggarai Barat, AKBP Feli Hermanto menjamin keamanan untuk 11 kepala negara yang hadir.

Ia bilang, proses koordinasi dan pengamanan super prioritas akan sering dilakukan sembari mengikuti arahan Polda Nusa Tenggara Timur. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga