Resmi Ditutup, MTQ XXIX Tingkat Provinsi Sultra Kali Ini Sangat Spesial

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Selasa, 16 Agustus 2022
0 dilihat
Resmi Ditutup, MTQ XXIX Tingkat Provinsi Sultra Kali Ini Sangat Spesial
MTQ XXIX tingkat Provinsi Sultra yang diselenggarakan sejak Rabu (10/8/2022), resmi ditutup Senin (15/8/2022) oleh Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas Foto: La Ode Muh Martoton/Telisik

" Pemprov Sultra berharap MTQ akan memberi pengaruh positif dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan syiar Al-Qur'an bagi umat Islam dan masyarakat Provinsi Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Penutupan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXIX tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2022 resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Lukman Abunawas, Senin (15/08/2022) malam.

Sejak dibuka Rabu (10/8/2022) malam, kegiatan MTQ XXIX Sultra hingga Senin (15/8/2022) sudah digelar perlombaan sebanyak 8 cabang dan 16 golongan, diikuti kafilah kabupaten/kota se-Provinsi Sultra dengan acara penutupan yang berhasil mencuri perhatian para tamu undangan yang hadir.

Lukman Abunawas dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemprov Sultra berharap MTQ akan memberi pengaruh positif dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan syiar Al-Qur'an bagi umat Islam dan masyarakat Provinsi Sultra.

"Pelaksanaan MTQ ini diharapkan mampu menjadi wahana dalam memacu pengembangan tilawah, hapalan serta pendalaman isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi kebutuhan bagi setiap muslim," ujarnya Senin (15/8/2022) malam.

Penyerahan hadiah oleh Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas kepada salah satu juara MTQ XXIX Sultra 2022. Foto. La Ode Muh Martoton/Telisik

 

Apresiasi yang diberikan Wakil Gubernur Lukman Abunawas kepada Kota Kendari karena telah berhasil menjadi juara umum pada MTQ tingkat Provinsi Sultra kali ini.

Baca Juga: Kendari Jadi Juara Umum MTQ ke- XXIX Tingkat Provinsi Sultra

"Pemerintah Provinsi Sultra mengucapkan selamat kepada qari-qari'ah, hafiz-hafizah yang meraih peringkat juara dalam musabaqah ini, dapat mengukir prestasi gemilang di event nasional maupun internasional dan mengharumkan nama Sultra di mata dunia," ujarnya.

Wakil gubernur dalam sambutannya menyerukan kepada para bupati/wali kota di tahun mendatang yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Sultra lebih awal harus mempersiapkan jika diberikan tanggung jawab.

"Melalui MTQ ini kita akan memacu untuk semakin mencintai Al-Qur'an, membudayakan literasi Al-Qur'an, dan mengaplikasikan nilai-nilai Iuhur ajarannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Lukman.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sultra Zainal Mustamin dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ kali ini sangat spesial karena penyelenggaraannya berhasil mengintegrasikan momentum MTQ dengan etno religi karnaval.

Baca Juga: 8 Cabang dan 16 Golongan Dilombakan di MTQ XXIX Sulawesi Tenggara hingga Babak Final

“MTQ kali ini menjadi sangat luar biasa dengan hadiah yang luar biasa yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Sultra. Kegiatan etno religi karnaval ini bisa menjadi brending untuk event-event MTQ selanjutnya atau event-event di luar MTQ yang relevan, yang terus memelihara kerukunan, keberagamaan, toleransi dan saling menghargai,” ujarnya

Selanjutnya, keputusan dewan hakim MTQ tingkat Provinsi Sultra XXIX Nomor: 03/DH/MTQ-PROV/VII/2022, tentang penetapan juara yang dibacakan oleh KH. Dr. Murzidin selaku ketua dewan hakim, memutuskan peringkat 10 besar pada MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara XXIX.

Adapun juara umum dimenangkan oleh Kota Kendari, diikuti Kabupaten Kolaka juara II, Kabupaten Konawe Utara juara III, Kabupaten Muna juara IV, Kabupaten Konawe Kepulauan juara V, Kabupaten Kolaka Utara juara VI, Kabupaten Buton Tengah juara VII, Kabupaten Konawe juara VIII, Kota Baubau juara IX dan Kabupaten Bombana juara X. (B-Adv)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga