Pelestarian Budaya Lokal jadi Fokus Kerja Kekar Wakatobi

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 02 Juni 2024
0 dilihat
Pelestarian Budaya Lokal jadi Fokus Kerja Kekar Wakatobi
Kerukunan Keluarga Wakatobi saat joget bersama usai pembubaran panitia halal bihalal. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Setelah pelantikan kepengurusan baru dan halal bihalal, Kerukunan Keluarga Wakatobi (Kekar-Wakatobi) memfokuskan kerjanya pada pelestarian budaya lokal dan pengembangan potensi daerah "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah pelantikan kepengurusan baru dan halal bihalal, Kerukunan Keluarga Wakatobi (Kekar-Wakatobi) memfokuskan kerjanya pada pelestarian budaya lokal dan pengembangan potensi daerah.

Menurut Ketua Kekar Wakatobi, La Atjeh Amin, pasca rapat kerja, akan dilaksanakan berbagai kegiatan secara intens termasuk pelaksanaan pementasan budaya lokal Wakatobi.

Selain itu, Kekar-Wakatobi juga akan memberdayakan berbagai potensi masyarakat Wakatobi, termasuk pemuda dan masyarakat setempat.

La Atjeh Amin berharap dengan revitalisasi organisasi ini, silaturahmi kekeluargaan dengan ciri khas Wakatobi dapat diperkuat.

Kekar-Wakatobi akan menyelenggarakan berbagai pementasan budaya lokal Wakatobi untuk melestarikan tradisi dan kearifan lokal.

Baca Juga: Wakatobi Wonderfull Festival and Expo: Promosi Keindahan Terumbu Karang dan Ragam Budaya Bakal Digelar Oktober

Kekar-Wakatobi menjadi wadah memperkuat rasa kekeluargaan dan persatuan di antara masyarakat Wakatobi dengan mengadakan berbagai kegiatan bersama.

Dengan fokus kerja ini, Kekar-Wakatobi berharap dapat berkontribusi positif pada kemajuan budaya dan pembangunan daerah Wakatobi.

Anggota kekar Wakatobi, Suwandi Andi, sangat mengapresiasi kegiatan halal bihalal yang dilakukan Kekar Wakatobi sehingga dapat berjalan sukses dan ramai.

"Kekompakannya sungguh sukses sekali, dengan adanya Kekar Wakatobi yang terdiri dari beberapa pulau disatukan dalam suatu wadah dengan tujuan yang sama," kata Suwandi.

Baca Juga: Peran Perempuan dalam Budaya Maritim Wakatobi Ditonjolkan, Nantikan Festival Wowine Bakal Digelar Agustus

Sementara salah seorang mahasiswa asal Wakatobi yang mengikuti pembubaran panitia halal bihalal, Wa Ode Fenti Nur mengatakan, sejak sekian lama tidak berkumpul bersama keluarga Wakatobi , akhirnya dengan kegiatan ini dapat bersilaturahmi kembali.

"Kegiatannya luar biasa seru sekali, karena silaturahmi besar-besar ini bersama orang tua kami jarang terjadi, semoga ikatan kekeluargaan Wakatobi tetap erat," ucap Fenti.

Kegiatan pembubaran panitia halal bihalal Kekar Wakatobi dilaksanakan di Warkop X-bro Kendari. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga