Respon Kapolres Sibolga Mencari Sosok Pelaku Bom Ikan Meledak

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 25 Januari 2022
0 dilihat
Respon Kapolres Sibolga Mencari Sosok Pelaku Bom Ikan Meledak
Tim kepolisian melakukan identifikasi dilokasi ledakan bom. Foto: Humas Polda Sumut

" Satreskrim Polres Kota Sibolga melakukan penyelidikan atas insiden bom ikan yang meledak di gudang penyimpanan ikan "

MEDAN, TELISIK.ID - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kota Sibolga melakukan penyelidikan atas insiden bom ikan yang meledak di gudang penyimpanan ikan di Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas daerah setempat.

Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja mengakui itu kepada sejumlah awak media melalui selularnya, Selasa (25/1/2022).

"Setelah bom ikan meledak, kami melakukan penyelidikan, sejumlah saksi sudah kami periksa. Kami sedang mengidentifikasi identitas pelaku bom ikan itu," kata Taryono.

Informasi yang dihimpun, aksi bom ikan kerap terjadi di perairan Sibolga. Mendengar itu, Taryono akan melakukan pendalaman.

"Kami akan melakukan pendalaman, karena bom ikan itu tidak dibenarkan. Aksi itu dapat merusak ekosistem alam dan membunuh terumbu karang serta ikan yang lainnya," ungkapnya.

Selain itu, polisi juga mengimbau agar seluruh nelayan tidak menggunakan bom ikan untuk beraktivitas sehari harinya. Tim Satuan Polisi Air (Satpolair), juga selalu melakukan patroli dilaut untuk mengindari adanya praktek itu.

"Karena penggunaan bom ikan itu melanggar hukum, akan kami tindak jika ada yang menggunakan itu," terangnya.

Baca Juga: Empat Orang Luka Akibat Ledakan Gudang Ikan di Sumut, Tim Jinak Bom Diturunkan

Kasubbag Humas Polres Sibolga, AKP R Sormin menambahkan, dalam insiden itu ada 7 orang yang mengalami luka bakar. Sedangkan rumah warga yang mengalami rusak sebanyak 14 unit.

"Sesuai data yang kami terima, korban ledakan ada tujuh orang. Lima orang statusnya rawat jalan, dua orang statusnya rawat inap di rumah sakit daerah setempat karena mengalami luka serius," tuturnya.

Ada pun identitas korban yang mengalami luka ledakan bom ikan adalah Thanty Pramita Pasaribu (37) warga Jalan Sisingamangaraja.

Dia mengalami luka gores pada lengan tangan kanan dan telapak kaki, sudah pulang, setelah dirawat di Puskesmas Pelabuhan Sambas.

Kemudian, Suaiba Matondang (28) warga Jalan Sibolga Barus desa Raso, Kecamatan Kolang. Lalu Waisaraini Aulia (18) tahun, warga Jalan KH Ahmad Dahlan Gudang Alindo. Ia mengalami trauma dan statusnya rawat jalan dirumah.

Baca Juga: Polisi Tangkap DPO Curnak di Sumba Timur NTT

Rusli (49) warga Jalan Kali Reja Satu Desa Pajar Bulan Kecamatan Waitenong Kabupaten Lampung Barat, dia sedang bekerja dilokasi kejadian. Lalu Epi Agustina Sibuea (35) warga Jalan Jati Gg Tunas Kelurahan Pancuran Bambu Kecamatan Sibolga Sambas Kota Sibolga. Statusnya rawat jalan.

Selanjutnya Hasan Basri lubis (66) warga Jalan KH Ahmad Dahlan Gg Ojo Lali. I mangalami luka berat pada bagia wajah, luka pada tangan kanan, luka pada pinggang, luka pada dada, luka pada kedua kaki. Hingga kini Hasan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit FL Tobing.

Terakhir, Niatman Sibuea (41) warga Jalan Letkol Bangun Siregar Kelurahan Aek Sitio tio kecamatan Pandan. Ia mengalami luka tembus pada tangan kanan, dan masih menjalani perawatan di Rumah sakit FL Tobing.

Sebagaimana diketahui, Bom Ikan Meledak di gudang Ikan yang berada di Jalan Baru, Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara meledak, Senin (24/1/2022) sekira pukul 09:30 WIB. Gudang itu milik perusahaan yang dikelola oleh pihak swasta. (B)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

Baca Juga