Ribuan Peserta Karnaval Meriahkan Wakatobi Wave 2019

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 12 November 2019
0 dilihat
Ribuan Peserta Karnaval Meriahkan  Wakatobi Wave 2019
Kemeriahan atraksi budaya Kansoda'a dalam pelaksanan Wakatobi Wave 2019. Foto: Juno/Telisik.

" Tadi saya sampaikan kepada pak bupati, itu tahun depan harus dipotong, jadi harus benar-benar dipilih dikoreografi lagi pawainya, karena itu terlampau lama untuk suatu tontonan tapi untuk tarian ini bagus. "

WAKATOBI,TELISIK.ID - Pesona Wakatobi  Wonderful Festival and Expo (Wave) tahun 2019 kian memukau dengan menampilkan berbagai  atraksi budaya dalam acara pembukaan yang dilaksanakan di Pantai Marina Yogo Mowondu, Senin(11/11/2019).

Mengangkat tema merayakan keagungan budaya maritim, Wakatobi Wave 2019 ini  menampilkan parade karnaval yang diikuti 8 ribu peserta dari berbagai stekholder, seperti OPD Kabupaten Wakatobi, intasi vertikal, BUMN,  BUMD, industri kreatif, kecamatan, desa/keluarahan se-Kabupaten Wakatobi serta partisipan dari Kabupaten Buton dan 35 Kansoda'a (prosesi ketika anak gadis beranjak dewasa)

Selain itu juga ditampilkan perpaduan tarian khas Wakatobi mulai dari Tari Laringgi, Sajo Moane dan Tari Balumpa yang digelar dalam satu tarian kolosal oleh 500 remaja yang mewakili Pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, Binongko (Wakatobi).

Deputi Pemasaran 1, Kementerian Pariwisata Risky Handayani mengatakan, bahwa komitmen pemerintah daerah Kabupaten Wakatobi dalam kegiatan kepariwisataan khususnya Wave sudah sangat luar biasa dan akan membuat Wakatobi semakin dikenal.

Disamping itu juga kreatifitas dalam pelaksanan Wave utamanya tarian masalnya (kolosal) sangat menarik, namun kata dia pelaksanaan parade (karnaval) waktunya masih terlalu lama.

"Tadi saya sampaikan kepada pak bupati, itu tahun depan harus dipotong, jadi harus benar-benar dipilih dikoreografi lagi pawainya, karena itu terlampau lama untuk suatu tontonan tapi untuk tarian ini bagus," ujarnya.

Meskipun demikian ia, sangat terkesan dengan sarung tenun masyarakat Wakatobi yang luar biasa.

" Orang yang tidak pernah kesini, tidak menyangka bahwa disini kuat sekali, sarung ditenun dan ini suatu potensi yang sangat luar biasa," pungkasnya.

Reporter : Juno
Editor: Ibnu

Artikel Terkait
Baca Juga