Rp 600 Juta Disiapkan Buat Lelang Jabatan Sekda Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 30 Desember 2020
0 dilihat
Rp 600 Juta Disiapkan Buat Lelang Jabatan Sekda Muna
Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto: Sunaryo/Telisik

" Jadi memang anggaran untuk lelang jabatan Sekda ini besar. "

MUNA, TELISIK.ID - Pejabat esalon II lingkup Pemkab Muna yang ingin menjadi sekretaris daerah (Sekda) mulai saat ini harus menyiapkan diri. Pemkab berencana membuka lelang jabatan 'Jenderal' Aparatur Sipil Negara (ASN) itu awal tahun 2021 mendatang.  

Kini, Pemkab tengah mempersiapkan segala sesuatu untuk proses lelang jabatan itu. Salah satunya terkait penganggaran seleksi.

Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, untuk anggaran telah disiapkan di tahun 2021 sebesar Rp 600 Juta. Anggaran itu untuk membiayai tim assesmet, panitia seleksi, honor panitia, penguji dan sekretariat.

"Jadi memang anggaran untuk lelang jabatan Sekda ini besar," kata Rusman, Selasa (29/12/2020).

Mantan senator DPD-RI itu mengaku, lelang jabatan Sekda itu sangat prioritas, mengingat sudah setahun lebih mengalami kekosongan pasca ditinggalkan Nurdin Pamone yang meninggal dunia.

Apalagi, kata dia, jabatan Sekda ini sangat penting dalam membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah serta melakukan pembinaan pada ASN.

Baca juga: Milenial Muna di Kaltim Dorong Penerapan Pengembangan Sistem Pertanian Terpadu

"Selama ini diisi dengan Pj, makanya kita sudah sangat butuhkan Sekda yang defenitif," timpalnya.  

Sementara itu, Kepala BKPSDM Muna, Sukarman Loke mengaku biaya lelang jabatan Sekda sudah diusulkan di APBD 2021. Jumlahnya sekitar Rp 600 juta.

Ia berharap setelah APBD selesai ditetapkan, seleksi dapat segera dilaksanakan. Rencananya seleksi dilakukan di bulan Februari 2021.

"Pelaksanaan lelang jabatanya akan dilaksanakan di Kendari," sebutnya.

Adapun syarat calon Sekda yang akan mengikuti seleksi adalah pejabat esalon II, telah mengikuti Diklat Pim III dan golongan IVc.

"Kalau memenuhi itu, silakan mendaftar," tukasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga