Rumah Sakit di Muna Siapkan Tenda Pemeriksaan Awal COVID-19

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 21 Maret 2020
0 dilihat
Rumah Sakit di Muna Siapkan Tenda Pemeriksaan Awal COVID-19
Tenda milik BPBD yang akan digunakan untuk pemeriksaan pasien di RS. Foto: Naryo/Telisik

" Jadi kondisi pasien bisa ditahu dan tidak bercampur baur dengan pasien umum "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna bergerak cepat mengantisipasi menyebarnya COVID-19. Salah satu yang dilakukan Satgas percepatan penanganan virus mematikan itu adalah dengan menyediakan tenda di kawasan Rumah Sakit (RS) sebagai tempat penanganan awal bagi pasien yang terindikasi terinfeksi COVID-19 itu.

Tenda didirikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di samping ruang Unit Gawat Darurat (UGD) RS.  

Direktur RS Raha dr Muhamad Marlin menerangkan, tenda yang dibangun itu dijadikan sebagai pemeriksaan awal bagi pasien yang akan dirawat. Artinya,  sebelum pasien masuk di UGD, dilakukan scaning awal ditenda tersebut.

"Jadi kondisi pasien bisa ditahu dan tidak bercampur baur dengan pasien umum," katanya.

Pasien-pasien dengan gejala COVID-19 akan menjalani serangkaian pemeriksaan awal ditenda tersebut. Kalau ditemukan gejala seperti batuk,  pilek dan panas, maka akan diarahkan ke ruangan isolasi untuk menjalani perawatan selama 14 hari.

"Jadi kami sifatnya sebagai rujukan perantara. Kalau sudah dinyakatan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maka langsung dirujuk ke RS Bahteramas," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Muna, La Ode Ikbar Rifai menerangkan, pihaknya yang tergabung dalam Satgas akan terus melakukan upaya pecegahan penyebaran virus itu. Selain menyiapakan tenda, pihaknya juga telah melakukan pembagian 5000 masker.  

"Posis masker kosong, kami masih menunggu dari BNPB. Kalau sudah tiba, langsung kami bagikan lagi," tukasnya.

Reporter: Naryo

Editor: Sumarlin

TAG:

Muna

COVID-19

Baca Juga