Sambut Natal dan Tahun Baru, Ratusan Personil Basarnas Diturunkan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 17 Desember 2019
0 dilihat
Sambut Natal dan Tahun Baru, Ratusan Personil Basarnas Diturunkan
Personil SAR dan pihak kemananan siap berjaga jelang natal dan tahun baru 2020 Foto: Istimewa

" Disamping 114 personil ini, peralatan pendukung laut juga disiapkan seperti tiga buah kapal yang terdiri dari KN SAR Pacitan, RB 210 dan RB 307 serta empat buah RIB beserta peralatan pertolongan di air. Termasuk, kendaraan darat dan peralatan pendukung keselamatan lainnya juga disiapkan untuk digunakan pada saat dibutuhkan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 114 personil diturunkan Basarnas Kendari untuk siaga memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat menjelang natal yang jatuh tanggal 25 Desember dan tahun baru 2020 mendatang.

Baca Juga: Siska ADP Berpeluang Dampingi Sulkarnain

Hal tersebut diungkapkan Kepala Urusan Basarnas Kendari, Idham, saat Apel Siaga SAR Khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020  di Pelataran Kantor Basarnas Kendari, Selasa (17/12/2019).

Dimana, kata dia, dalam pelaksanaan siaga natal dan tahun baru ini ratusan personil tersebut dibagi dibeberapa wilayah kerja seperti di Baubau, Wanci, Kolaka, Sorowako dan Kendari dengan sasaran yaitu pelabuhan, terminal, bandara dan beberapa titik tempat wisata yang dicurigai padat pengunjung dimomen tutup tahun kali ini.

"Disamping 114 personil ini, peralatan pendukung laut juga disiapkan seperti tiga buah kapal yang terdiri dari KN SAR Pacitan, RB 210 dan RB 307 serta empat buah RIB beserta peralatan pertolongan di air. Termasuk, kendaraan darat dan peralatan pendukung keselamatan lainnya juga disiapkan untuk digunakan pada saat dibutuhkan," katanya.

Selain itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito dalam sambutannya yang dibacakan oleh Idham yang juga sebagai Pelaksana harian(PH) Kakan SAR Kendari menitip pesan kepada seluruh personil bahwa, pertama semua personil menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugasnya dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR dimana dan kapanpun dibutuhkan.

Baca Juga: 9.661 CASN Kemenkumham Verifikasi Berkas Asli

Kedua, seluruh personil siaga SAR khusus natal 2019 dan tahun baru 2020, untuk bisa menjaga sinergitas antar pelayan masyarakat baik TNI/Polri dan seluruh potensi SAR, menjaga kekompakan dilokasi kecelakaan dan bencana dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat korban bencana maupun kecelakaan.

Dan yang terakhir adalah, seluruh personil siaga SAR harus mempunyai jiwa militan dalam mengemban tugas karena tugas SAR adalah tugas kemanusiaan yang memiliki medan operasi cukup berat.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Sumarlin

Baca Juga