Satgas Pengawasan BBM Subsidi Bakal Sidak Lima SPBU di Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 16 Januari 2024
0 dilihat
Satgas Pengawasan BBM Subsidi Bakal Sidak Lima SPBU di Kolaka Utara
Rapat koordinasi terkait distribusi BBM subsidi jenis Pertalite di Kolaka Utara. Foto: Muh Risal/Telisik

" Satuan Tugas (Satgas) pengawas dan monitoring Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis pertalite dan solar dalam waktu dekat ini bakal melakukan inspeksi mendadak (sidak) di lima Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Satuan Tugas (Satgas) pengawas dan monitoring Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis pertalite dan solar dalam waktu dekat ini bakal melakukan inspeksi mendadak (sidak) di lima Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).

Kelima SPBU tersebut tersebar di tiga kecamatan, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Sidak ini dilakukan sebagai respon atas surat rekomendasi yang dikeluarkan DPRD Kolaka Utara terkait indikasi penjualan BBM subsidi jenis pertalite kepada oknum yang tidak bertanggungjawab secara massif, dan dugaan penimbunan BBM subsidi yang dilakukan oknum tertentu.

Baca Juga: Ratusan Rumah Terendam Banjir, Jembatan Ikut Ambruk

Asisten II Sekertaris Daerah (Setda) Kolaka Utara, H. Syamsuddin menuturkan, selain sidak di lima SPBU, tim gabungan yang terdiri dari Polres Kolaka Utara, Pol PP, Dinas Perdagangan, DPM PTSP Kolaka Utara, Dinas Perhubungan dan Perwakilan anggota DPRD Kolaka Utara bakal menyidak pengecer pertalite yang jaraknya dekat dari SPBU.

"Sidaknya hanya sebatas mengedukasi para pengecer yang jualan BBM subsidi dekat dari SPBU, jikalau tindakan mereka tidak dibenarkan. Jadi belum ada penindakan hanya sebatas pembinaan," terangnya, Selasa (16/1/2023).

Terkait dugaan adanya penimbunan BBM subsidi, Asisten II belum dapat memastikan hal itu. Pasalnya, ia mengaku belum mendapatkan bukti kuat yang mengarah ke aktivitas tersebut.

"Setelah sidak barulah satgas kembali merumuskan kebijakan-kebijakan tepat soal distribusi BBM subsidi, termasuk penambahan kuota jika diperlukan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, sidak yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini dapat menjadi salah satu acuan untuk mengukur kebutuhan BBM subsidi masyarakat Kolaka Utara tahun ini.

"Kalau kuota memang kurang, kami akan bersurat ke satgas migas untuk penambahan kuota," tukasnya.

Menindaklanjuti arahan Asisten II dalam rapat koordinasi lintas sektoral terkait distribusi BBM subsidi tadi pagi, Kepala Dinas Perdagangan Kolaka Utara, M. Ahdan Alwi secepatnya akan berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk memastikan jumlah pengguna kendaraan di Kolaka Utara, baik roda dua maupun roda empat.

"Ini erat kaitannya dengan ketersediaan kuota BBM subsidi kita di Kolaka Utara," imbuhnya.

Baca Juga: Festival Coklat Meriahkan HUT ke-20 Kolaka Utara

Sebelumnya, DPRD Kolaka Utara melayangkan surat kepada pemerintah paerah, polres dan SPBU berdasarkan hasil RDP yang berisi lima poin.

Pertama, dewan menekan pemilik SPBU untuk tidak melayani penjualan BBM subsidi kepada oknum tidak bertanggung jawab. Penegak hukum juga diminta melakukan pengusutan dan memberi sanksi bagi oknum penimbun.

Pihak SPBU juga diminta memasang CCTV di stasiun masing-masing. Demikian juga aparat diminta meningkatkan pengawasan terkait adanya indikas pengguna tangki modifikasi yang kerap mengantri di SPBU. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga