Satu Kapal Tongkang Keluar Teluk Usai Disoal, Ini Kata KSOP Kendari

Kardin, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
Satu Kapal Tongkang Keluar Teluk Usai Disoal, Ini Kata KSOP Kendari
Kepala Seksi Keselamatan, Pelayaran dan Operasi KSOP Kendari, Andi M. Foto: Kardin/Telisik

" Keberadaan kapal itu pun, sudah sepengetahuan dan telah melapor ke pihak KSOP. Tiga kapal tongkang itu milik TB Jaz Power 3 Tongkang Aditama 6 dan TB Galaxy Tongkang HM 2302. "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah disorot sejumlah pihak, satu dari tiga unit kapal tongkang yang diduga parkir tanpa izin di tepi Teluk Kendari akhirnya ditarik keluar.

Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari melalui Kepala Seksi Keselamatan, Pelayaran dan Operasi , Andi M, membenarkan jika sebelumnya ada tiga kapal tongkang yang terparkir di Teluk Kendari.

Hanya saja kata Andi, satu kapal tongkang di antaranya telah keluar teluk, yakni TB Jaz Power 3 tongkang Aditama 6 dengan PT Neolopa Trans Maritim (NTM).

"Itu tidak melakukan kegiatan pengelasan karena baru tiba Jumat waktu lalu. Itu karena dia baru mau mengangkut alat-alat untuk pengelasan, nanti di posisi labuh baru dilakukan pengelasan," paparnya Rabu, (10/3/2021).

Baca Juga: Solid di Bawah AHY, Demokrat Jatim Unjuk Diri di Kanwil Kemenkumham

Andi mengaku, selama parkir di Teluk Kendari, tongkang dipastikan tidak dalam proses perawatan atau perbaikan yang dapat merusak magrove dan biota laut di teluk tersebut.

Ia juga menuturkan, keberadaan kapal tongkang di Teluk Kendari dikarenakan wilayah itu merupakan area perbaikan kapal termasuk tongkang.

Sementara ketika kapal tongkang parkir itu telah mendapat persetujuan pemilik lahan di area Teluk Kendari untuk dijadikan lokasi parkir tongkang.

"Tiga kapal tongkang itu tidak dalam aktivitas perbaikan, tetapi hanya berlabuh dan yang parkir itu sudah ada izin dari pemilik lahan," terangnya.

Keberadaan kapal itu pun, sudah sepengetahuan dan telah melapor ke pihak KSOP. Tiga kapal tongkang itu milik TB Jaz Power 3 Tongkang Aditama 6 dan TB Galaxy Tongkang HM 2302.

"Teluk Kendari juga ini bisa digunakan untuk semua kapal untuk berlabuh. Kalau ada perbaikan pengelasan memang harus berlabuh, kalau mereka parkir itu tidak boleh ada aktivitas apapun," bebernya.

Baca Juga: 2 Kg Sabu dari Samarinda Diselundupkan ke Kota Kendari

Atas kejadian itu, pihaknya juga bersedia jika DPRD Kota Kendari memanggil untuk dimintai keterangan terkait adanya kapal tongkang parkir di Teluk Kendari.

"Kita siap ke DPRD kalau dipanggil RDP. Nanti kita akan jelaskan seperti apa prosesnya," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, Rajab Jinik mengatakan bakal memanggil KSOP dan pihak dinas perhubungan terkait keberadaan tiga kapal tongkang dinaksud.

"Kami akan memanggil pihak terkait menyoal keberadaan tiga kapal tongkang yang melakukan aktivitas di Teluk Kendari," bebernya. (B)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga