Satu Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Muna Meninggal

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 12 Agustus 2020
0 dilihat
Satu Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Muna Meninggal
Jenazah pasien COVID-19 di Muna dimakamkan. Foto: Sunaryo/Telisik

" Hasil swabnya menunjukan positif COVID-19. "

MUNA, TELISIK.ID - Satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit (RS) Raha meninggal dunia,  pada Rabu (12/8/2020) sekira pukul 00.00 Wita.

Adalah lelaki berusia 78 tahun. Warga Kecamatan Katobu itu, masuk RS pada 10 Agustus lalu dengan gejala penyakit gagal ginjal kronik. Lalu, hasil pemeriksaan awal Rapid Test menunjukan reaktif. Kemudian, dilakukan perawatan di ruangan isolasi sambil menunggu hasil swab.

"Hasil swabnya menunjukan positif COVID-19," kata Jubir Satgas COVID-19 Muna, dr La Ode Ahmad Wahid Agigi.

Sempat terjadi kericuhan, kala jenazah akan dikeramasi sesuai dengan standar penanganan COVID-19 di RS. Pihak keluarga menolak, jenazah dimasukan di peti dan dibungkus plastik. Sebab, mereka tidak yakin almarhum meninggal akibat penyakit COVID-19.

Baca juga: Pimpin Wakatobi, Pembangunan Arhawi Merata di Empat Pulau

Pihak RS pun tidak mau ambil resiko dan tetap ngotot dilakukan sesuai standar penanganan COVID-19. Setelah dimediasi Polisi, pihak keluarga menerima. Jenazah pun langsung dibawa ke tempat penguburan yang sudah disiapkan pihak keluarga. Jenazah dikebumikan oleh petugas yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. 

Direktur RS Raha, dr Muhamad Marlin menerangkan, penanganan pasien COVID-19 yang meninggal dunia dilakukan sesuai syariat Islam yakni, dimandikan, kafani, shalatkan dan dikuburkan.

"Untuk lokasi penguburan dibolehkan di tempat pemakaman umum atau pemakaman keluarga," pungkasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga