PPKS jadi Salah Satu Solusi Turunkan Stunting di Wakatobi

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 26 Juli 2024
0 dilihat
PPKS jadi Salah Satu Solusi Turunkan Stunting di Wakatobi
Tim PPKS BKKBN Sulawesi Tenggara saat menggelar kegiatan di Wakatobi. Foto: Ist.

" Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memperkenalkan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) di Wakatobi sebagai bagian dari upaya menurunkan angka stunting "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memperkenalkan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) di Wakatobi sebagai bagian dari upaya menurunkan angka stunting.

PPKS berfungsi sebagai wadah kegiatan terpadu yang mudah diakses oleh masyarakat, dengan fokus pada pelayanan keluarga melalui komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE), konsultasi, konseling, pembinaan, dan rujukan.

Dari keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, PPKS bertujuan untuk menangani berbagai persoalan keluarga yang terus bermunculan, baik yang baru maupun yang merupakan pengulangan dari masalah lama.

Baca Juga: Rakor Penurunan Stunting: Hasil Survei di Buton Selatan Tidak Sinkron dengan Pelaporan Gizi Masyarakat

BKKBN Sultra, melalui Ketua Tim Kerja HALAKIEMAS, Mustakim menyampaikan bahwa PPKS diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam program percepatan penurunan stunting di Wakatobi. Kegiatan Praktik Baik PPKS digelar di Balai Penyuluh Kabupaten Wakatobi pada Selasa (23/7/2024).

Untuk mendukung pelaksanaan program ini, para fasilitator PPKS akan diberikan sosialisasi guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola dan menjalankan PPKS.

Selain itu, optimalisasi pelayanan PPKS diharapkan dapat memberikan layanan sesuai standar pelayanan publik yang ditetapkan. Pengelolaan PPKS akan disinergikan dengan Balai Penyuluhan yang ada di daerah, sehingga para pengelola dapat bekerja sama dengan mitra kerja di tingkat kecamatan.

Baca Juga: Oknum Kades dan Ketua BPD di Kolaka Utara Taruhan Rp 1 Miliar Terkait Rekomendasi Partai Demokrat

PPKS diharapkan mampu memberikan minimal delapan jenis pelayanan kepada keluarga. Pelayanan tersebut meliputi data dan informasi kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, konsultasi dan konseling keluarga balita dan anak, serta konsultasi dan konseling keluarga remaja dan remaja.

Selain itu, ada juga pelayanan konsultasi dan konseling pranikah, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, keluarga harmonis, serta keluarga lansia dan lansia hingga pembinaan pemberdayaan ekonomi keluarga.

Mustakim, berharap keberhasilan pelatihan PPKS dapat menjadi sumbangsih yang berarti bagi eksistensi dan keberlanjutan fungsi PPKS di lapangan. Sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber dari Tim Perwakilan BKKBN Sultra, Waode Salmiati, dan Tim dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Wakatobi, Dhian Ambarwati. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga