Sehari Dibuka, Pendaftaran Program Mudik Gratis Ludes Dipesan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 16 Maret 2023
0 dilihat
Sehari Dibuka, Pendaftaran Program Mudik Gratis Ludes Dipesan
Program Mudik Gratis diberikan untuk memudahkan masyarakat merayakan Lebaran di kampung halaman, telah ludes dipesan. Foto: Repro Kompas.com

" Kementerian Perhubungan menyelenggarakan program Mudik Gratis mulai 13 Maret 2023 hingga 14 April 2023 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bulan puasa tak terasa tinggal beberapa hari lagi. Momen ini banyak dinantikan oleh masyarakat khususnya umat muslim. Pemerintah di bawah naungan Kementerian Perhubungan telah membuka pendaftaran mudik gratis bagi masyarakat.

Mengutip Pikiranrakyat.com, program ini telah dibuka oleh Kementerian Perhubungan, yang menyatakan bahwa akan diselenggarakan program mudik gratis, tepatnya mulai 13 Maret 2023 - 14 April 2023.

Bagi yang berminat bisa langsung melakukan pendaftaran mudik gratis dari Kemenhub. Lantas, bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut:

Mudik Gratis adalah program pemerintah Indonesia yang memberikan fasilitas transportasi gratis untuk para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman atau mudik selama Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Menembus Rindu, Pemudik di Pelabuhan Nusantara Kendari Rela Panjat Kapal hingga Duduk di Atap

Dilansir dari Kompas.com, program yang diberikan untuk memudahkan masyarakat merayakan Lebaran di kampung halaman ini telah penuh, alias sebanyak 24.000 kuota yang disediakan sudah ludes terpesan.

Adapun kabar ditutupnya pendaftaran langsung diinformasikan melalui akun media sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

Baca Juga: Arus Balik Pemudik, 120 Ribu Kendaraan Bergerak Menuju Jakarta

"Kali ini Mindat harus memberi informasi dengan berat hati bahwa kuota Mudik Gratis telah habis hanya dalam waktu kurang dari 24 jam," tulis akun @ditjen_hubdat dikutip dari Kompas.com.

Tahun ini Kemenhub menyediakan 585 unit bus untuk melayani masyarakat yang akan pulang kampung dalam program Mudik Gratis dengan kuota 24.072 orang. Jumlah bus tersebut dibagi dua, untuk kebutuhan arus mudik disediakan 459 unit bus.

Sementara pada arus balik ada 126 unit bus. Tak hanya itu, Kemenhub juga menyediakan 30 unit truk untuk mengangkut 900 unit sepeda motor para pemudik agar bisa tetap melakukan mobilitas di kampung halaman dan guna menghindari potensi kecelakaan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga