Sejarah Singkat Kota Madinah, Dari Arti Nama Hingga Keutamaannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 29 Januari 2022
0 dilihat
Sejarah Singkat Kota Madinah, Dari Arti Nama Hingga Keutamaannya
Pemandangan atas Kota Madinah, Arab Saudi. Foto: Repro islampos.com

" Salah satu kota suci yang banyak dikunjungi kaum muslimin di seluruh dunia adalah Kota Madinah "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu kota suci yang banyak dikunjungi kaum muslimin di seluruh dunia adalah Kota Madinah.

Dalam sejarahnya, Kota Madinah menjadi tempat yang sangat penting bagi penyebaran Islam di dunia. Kota yang juga disebut Madinah Al Munawwarah ini merupakan kota utama di Arab Saudi.

Dikutip dari detik.com, Kota Madinah juga menjadi tempat berdirinya tiga masjid tertua yang pernah dibangun, yaitu Masjid Quba, Masjid Nabawi, dan Masjid Qiblatain.

Asal-usul nama Madinah sendiri berasal dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Yatsrib (sekarang Madinah) pada 622 M. 

Pada masa sebelum Islam berkembang, kota Madinah disebut dengan nama Yatsrib, yang saat itu dikenal sebagai kota pusat perdagangan.

Sebelum Yatsrib dikuasai oleh masyarakat Arab Islam, penduduk di sana terdiri dari dua suku yang dominan, yaitu Arab dan Yahudi. 

Setelah Nabi hijrah ke Yatsrib, kota Yatsrib pun diubah namanya menjadi al-Madinah al-Munawwarah yang berarti kota yang bercahaya. 

Melansir Hasuna.co.id, saat ini Madinah ialah kota yang ramai diziarahi atau dikunjungi oleh kaum Muslimin. Di kota ini berdiri Masjid Nabawi yang mempunyai keutamaan bagi umat muslim.

Baca Juga: Erdogan Bakal Ganti Nama Resmi Turki Jadi Turkiye

Dalam Hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa: “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) memiliki pahala 1000x. Dan Shalat di Masjidil Haram (Mekkah) memiliki pahala 100000x”. Kota ini memiliki penduduk sekitar 600.000 jiwa.

Bagi umat islam kota ini dianggap sebagai kota suci. Pada zaman Nabi Muhammad SAW, Madinah menjadi pusat dakwah, pengajaran dan pemerintahan Islam. Dari kota ini lah Islam berkembang ke seluruh Jazirah Arab, dan kemudian menyebar ke seluruh belahan dunia.

Baca Juga: Usai 30 Tahun Cekcok, Kini Arab Saudi-Thailand Sepakat Rujuk

Kini Madinah bersama kota suci Mekkah dibawah pelayanan pemerintah kerajaan Arab Saudi yang merupakan pelayan kedua kota suci. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga