Sejumlah Desa di Kabupaten Konawe Alami Kekeringan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 05 Oktober 2023
0 dilihat
Sejumlah Desa di Kabupaten Konawe Alami Kekeringan
Kondisi Desa Leppe, Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe yang alami kekeringan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Sejumlah desa di Kecamatan Soropia dan Lalonggasumeto Kabupaten Konawe, alami kekeringan dan kelangkaan air bersih akibat cuaca panas dan tidak adanya curah hujan "

KONAWE, TELISIK.ID - Sejumlah desa di Kecamatan Soropia dan Lalonggasumeto Kabupaten Konawe, alami kekeringan dan kelangkaan air bersih akibat cuaca panas dan tidak adanya curah hujan.

Camat Soropia, Masnur mengatakan, tercatat sudah 4 desa yang mengalami kekeringan dan kelangkaan air bersih selama 2 Minggu terakhir ini.

Untuk empat desa tersebut, lanjut Masnur, di Desa Leppe ada 3 dusun yang terdampak kekeringan, Desa Bajo Indah 1 dusun, Desa Bajoe 3 dusun dan Atowatu ada 1 dusun.

Baca Juga: Sektor Pendidikan di Kabupaten Konawe Terus Alami Peningkatan

"Sebelumnya sumber pangairan dari masyarakat itu dari perpipaan gunung," ungkapnya, Kamis (5/10/2023).

Ia menjelaskan, kekurangan air bersih ini diakibatkan tidak adanya curah hujan selama beberapa hari terakhir serta kemarau panjang, sehingga mengakibatkan sumber pengairan masyarakat di atas gunung alami kekeringan.

Salah satu masyarakat Desa Leppe, Ibu Andi mengatakan, sudah hampir sebulan dirinya mengalami kekurangan air bersih akibat tidak adanya curah hujan dan kemarau panjang.

Baca Juga: Ini Profil Petugas Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Kabupaten Konawe

Sementara itu, Kasatpol PP Agus Suyono mengatakan, saat ini pihaknya telah menerima laporan dari 2 kecamatan yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

"Untuk saat ini baru 2 yang benar-benar mengalami kekeringan, tetapi kemarin Kecamatan Besulutu katanya juga mengalami kekeringan," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya akan melakukan tindakan pencegahan jangka pendek selama 14 hari untuk menanggulangi kekeringan dengan mendistribusikan sejumlah air bersih di beberapa desa yang mengalami kekeringan. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga