Sekda Konawe Ungkap Tiga Faktor Daerah Konawe Dapat Berkembang

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 20 Juni 2022
0 dilihat
Sekda Konawe Ungkap Tiga Faktor Daerah Konawe Dapat Berkembang
Sekda Konawe menyebutkan ada 3 faktor pendukung Kabupaten Konawe berkembang dibandingkan dengan daerah lainya. 3 faktor ini telah dirancang oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Foto: Foto: Aris Syam/Telisik

" Memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) Konawe agar dijadikan investasi dengan membuka kawasan industri "

KONAWE, TELISIK.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinan Sapan menyebutkan ada tiga faktor pendukung yang menjadikan Kabupaten Konawe berkembang dibandingkan daerah lainnya.

Ferdinan mengatakan, Kabupaten Konawe sejak dinahkodai Bupati Kery Saiful Konggoasa telah merancang rencana pembangunan berdasarkan prinsip dasar otonomi daerah, yang di dalamnya terdapat tiga faktor yaitu mendorong penyelenggaraan pemerintahan dengan pelayan publik yang baik, daya saing daerah, dan kemandirian daerah.

Sehingga demikian, dari tiga faktor tersebut secara perlahan dan bertahap Pemda Konawe merancang tiga instrumen pembangunan daerah yang sesuai misi Bupati Konawe.

"Ketiganya yaitu, pertama bagaimana memaksimalkan APBD dan APBN, mendorong investasi, potensi lokal," kata Ferdinan, Senin (20/6/2022).

Ferdinan menjelaskan, dalam memaksimalkan APBD dan APBN pemda Konawe memiliki prinsip pelaksanaannya, yaitu jika APBD kabupaten tidak mampu membiayai, maka pihaknya akan dorong agar dibiayai oleh APBD provinsi bahkan ke APBN.

Baca Juga: 3 Hari Hilang, Nelayan Asal Wakatobi Ditemukan Meninggal Dunia

"Sehingga APBD dan APBN dapat terencana di dalam belanjaannya," imbuhnya.

Kedua, memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) Konawe agar dijadikan investasi dengan membuka kawasan industri, yang mana saat ini telah dibuktikan dengan hadirnya kawasan industri PT. VDNI dan OSS di Kecamatan Morosi.

Baca Juga: Launching Desa Cantik, Pemkab Konawe Dukung Penuh Program Satu Data Indonesia

"Ketiga, mendorong potensi lokal dari sektor pertanian, peternakan dan perikanan," jelasnya.

Jenderal ASN Konawe itu menambahkan, dari tiga faktor tersebut Kabupaten Konawe mampu tumbuh dan berkembang hingga saat ini, bahkan saat pandemi COVID-19 pertumbuhan perekonomian tetap positif diangka 6,2 persen dibandingkan daerah lainnya.

"Dan bahkan Konawe mendapatkan prestasi tertinggi dalam investasi berada diperingkat ketujuh se-Indonesia tahun 2021," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga