Sekda Muna Sebut Rangking 1 Lelang Jabatan Bukan Jaminan Dilantik

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 19 Mei 2023
0 dilihat
Sekda Muna Sebut Rangking 1 Lelang Jabatan Bukan Jaminan Dilantik
Sekda Muna, Eddy Uga memastikan rangking I lelang jabatan bukan jaminan dilantik. Foto: Sunaryo/Telisik

" Panitia seleksi (pansel) lelang jabatan 16 eselon II lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna telah mengumumkan hasil penilaian tes 62 peserta "

MUNA, TELISIK.ID - Panitia seleksi (pansel) lelang jabatan 16 eselon II lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna telah mengumumkan hasil penilaian tes 62 peserta.

Dari hasil tabulasi nilai tes asessmen, penulisan makalah, presentase dan wawancara yang dilakukan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), terdapat tiga peserta yang mendapatkan nilai tertinggi pada masing-masing jabatan yang dilamar.

Sekretaris Pansel Lelang Jabatan,  La Ode Ena menerangkan, hasil tes para peserta telah dilapor ke Bupati, LM Rusman Emba selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK). Setelah itu, hasilnya langsung diumumkan secara terbuka.

Baca Juga: Pemkab Muna Pertahankan WTP ke Tujuh Kali

"Kita sudah umumkan hasil dari KASN," kata La Ena, Jumat (19/5/2023).

Sekda Muna, Eddy Uga menerangkan, hasil tiga besar calon pejabat itu, menjadi kewenangan bupati memilih satu untuk dilantik.

"Jadi rangking 1 bukan jaminan untuk dilantik. Semua keputusan ada pada bupati," kata Eddy.

Mantan Kadis PUPR itu menerangkan, dari 16 jabatan yang dilelang itu, satu jabatan yakni, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), tiga peserta yang masuk perangkingan masih akan mengikuti seleksi di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Disdukcapil ini beda dengan jabatan lain. Penentu pejabatnya nantinya dari Kemendagri. Kita cuma mengusul yang masuk tiga besar," ungkapnya.

Untuk pelantikan pejabat-pejabat itu, masih akan menunggu hasil seleksi tiga peserta pada jabatan Disdukcapil dari Kemendagri.

"Kita akan lantik bersamaan sekaligus dengan Disdukcapil, eselon III, IV, kepala puskesmas dan kepala sekolah," timpalnya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba tidak mau terburu-buru menentukan siapa-siapa pejabat yang akan dilantik. Dari seluruh peserta yang masuk perangkingan tiga besar, ia sudah tahu track recordnya masing-masing.

Baca Juga: Satu Aleg Golkar Muna Tak Nyaleg, Dorong Putranya di PBB

"Pastinya yang saya butuhkan adalah pejabat yang loyal dan mampu bekerja.

Bukan yang hanya cari muka," tegasnya.

Ia berpesan pada peserta yang lolos tiga besar, agar bekerja saja sesuai topuksi. Ia tidak akan meladeni mereka-mereka yang melakukan manuver.

"Jabatan itu bukan untuk dikejar. Saya sebagai pimpinan sudah tahu, mana yang mau bekerja dan tidak. Jadi, tunjukan saja kinerja dan loyalitas," tandasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga