Sekolah Internasional Jakarta Diduga Miliki Toilet Gender Netral, Dukung LGBT?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 08 Agustus 2023
0 dilihat
Sekolah Internasional Jakarta Diduga Miliki Toilet Gender Netral, Dukung LGBT?
Artis sekaligus presenter, Daniel Mananta menyebut salah satu sekolah internasional di Jakarta memiliki toilet gender netral. Foto: Kolase

" Sekolah internasional yang berada di Jakarta diduga menyediakan toilet dengan gender netral. Hal ini diungkapkan oleh publik figur sekaligus presenter Daniel Mananta "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sekolah internasional yang berada di Jakarta diduga menyediakan toilet dengan gender netral. Hal ini diungkapkan oleh publik figur sekaligus presenter Daniel Mananta.

Ia mengaku terkejut melihat toilet gender netral di salah satu sekolah internasional yang ada di kawasan Jabodetabek. Toilet gender netral adalah toilet yang diperuntukkan oleh seseorang dengan gender atau identitas gender apapun seperti dikutip dari Kompas.com.

Lalu, bagaimana bisa sekolah bertaraf internasional memiliki toilet gender netral? Berikut deretan fakta toilet gender netral yang ada di Jakarta:

1. Pemprov DKI: Tak ada gender netral

Menanggapi pemberitaan yang menyebut adanya gender netral, Pemprov DKI Jakarta menegaskan tidak ada toilet gender netral sekolah-sekolah di Ibu Kota Jakartasetelah Dinas Pendidikan melakukan pemeriksaan dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK, maupun yang setara.

Baca Juga: Ragam Penolakan, Pertemuan LGBT Se-ASEAN Batal di Jakarta

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo.

"Kami sudah lakukan pengecekan di seluruh satuan pendidikan di DKI Jakarta (negeri ataupun swasta) ternyata tidak menemukan toilet gender netral, yang ada adalah toilet laki-laki dan perempuan," kata Purwosusilo, seperti dilansir dari Indozone.com.

2. Di bawah kementerian

Purwosusilo menambahkan untuk sekolah kerja sama atau sekolah internasional pihaknya memerlukan waktu untuk mengumpulkan data karena kewenangannya berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta berbagai pihak.

"Namun karena ini berada di wilayah DKI Jakarta, maka kami juga sedang mendalami hal itu. Kami lakukan pengecekan dan sedang berlangsung. Sejauh ini kami tidak menemukan yang seperti itu. Artinya, clear, hanya ada dua toilet untuk laki-laki dan untuk perempuan," ucap Purwosusilo.

Baca Juga: Negara Ini Punya Hukuman Kejam bagi Pelaku LGBT

3. Selektif piluh sekolah taraf internasional

Mengutip Tvone.com, usai melihat fakta jika di sekolah International terdapat toilet yang menyediakan "gender netral" Daniel Mananta mengingatkan kepada orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah international untuk terus memantau perkembangan anaknya.

"Orang tua harus lebih dekat dengan anak-anak, ajak mereka ngobrol, jangan cuma di lepas sehingga sekolah yang urusan kegiatan mereka, sehingga kita tidak pernah tahu ada agenda terselubuh dari sekolah yang malah merusak moralitas anak kita." Ungkap Daniel Mananta.

Sebelumnya, kedatangan Daniel Mananta ke sekolah bertaraf internasional itu, untuk mencari sekolah bagi anaknya yang sudah masuk usia sekolah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga