Selidiki Asal-usul Virus Corona, WHO Kirim Tim ke China

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 30 Juni 2020
0 dilihat
Selidiki Asal-usul Virus Corona, WHO Kirim Tim ke China
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto: repro google

" Banyak orang di seluruh dunia menggunakan bahasa yang tidak menguntungkan dalam respons ini. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan segera mengirimkan timnya ke China untuk menyelidiki asal usul virus Corona baru.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan, asal usul virus Corona baru penting untuk diketahui agar bisa melawan pandemi dengan lebih baik.

"Kita bisa melawan virus dengan lebih baik ketika kita mengetahui segalanya tentang virus, termasuk bagaimana virus itu dimulai. Kami akan mengirim tim minggu depan ke China untuk mempersiapkan itu," ujar Tedros pada Senin (29/6/2020), dikutip dari Reuters.

Asal usul virus Corona, telah menciptakan berbagai spekulasi di dunia. Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump meyakini bahwa, virus Corona baru berasal dari laboratorium Wuhan yang bocor. Namun para ilmuan menyebut virus tersebut muncul secara alamiah.

Baca juga: Tepi Barat Dicaplok, Hidayat Serukan Presiden Jokowi Pimpin Gerakan Boikot Produk Israel

Namun, Trump terus mengaitkan virus Corona baru dengan China hingga menyebutnya sebagai Virus China, Virus Wuhan, dan terbaru adalah Kung Flu.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Program Kedaruratan WHO, Mike Ryan, meminta agar semua pihak saling menghormati dan fokus pada penanganan wabah.

"Banyak orang di seluruh dunia menggunakan bahasa yang tidak menguntungkan dalam respons ini," ungkap Ryan.

Dalam pertemuan Majelis Kesehatan Dunia (WHO), Australia juga telah menyerukan diadakannya penyelidikan internasional secara independen untuk mengetahui asal muasal virus.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga