Sempat Dikabarkan Hilang di Laut, 3 Pria Asal Buton Utara Berhasil Diselamatkan

Rina Gayatri, telisik indonesia
Minggu, 27 Agustus 2023
0 dilihat
Sempat Dikabarkan Hilang di Laut, 3 Pria Asal Buton Utara Berhasil Diselamatkan
Tim Basarnas saat melakukan pencarian 3 pria asal Buton Utara yang dikabarkan hilang di tengah laut. Foto: Ist.

" Tiga orang yang kapalnya mengalami mati mesin di perairan Malaoge, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, berhasil ditemukan dalam keadaan selamat "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Tiga orang yang kapalnya mengalami mati mesin di perairan Malaoge, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, Sabtu (26/8/2023). Mereka sempat dikabarkan hilang karena Tim SAR tidak berhasil menemukan setelah dilakukan pencarian pada Jumat (25/8/2023).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari, Muhamad Arafah mengatakan, pada hari Jumat (25/8/2023) pukul 06.30 Wita, kapal tersebut berlayar dari Lambale, Kecamatan Kulisusu Barat, Kabupaten Buton Utara, menuju Wanci, Wakatobi.

"Sekitar pukul 12.00 Wita kapal mengalami mati mesin akibat dihantam gelombang, sehingga salah seorang korban menghubungi keluarganya di Wanci untuk meminta bantuan," kata Muhamad Arafah dalam keterangan tertulisnya.

Muhamad Arafah menjelaskan, Basarnas Kendari menerima informasi dari Laode Tasrim yang merupakan keluarga salah satu korban. Dia yang melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal di sekitar Perairan Malaoge.

Baca Juga: Tiga Awak Kapal Ditemukan Terdampar di Perairan Maloge Lasalimu Selatan

Terdapat 3 orang di dalam kapal tersebut yaitu La Cuaca (47), La Ote (47) dan La Alun (20). Ketiganya adalah warga Desa Damai Laborona, Kecamatan Bonegunu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara.

Keesokan harinya, Sabtu (26/8/2023) pukul 06.30 Wita, tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian. Tidak berselang lama, sekitar pukul 7.30 Wita, keluarga korban menginformasikan bahwa ketiga korban ditemukan dalam keadaan selamat oleh nelayan Lasalimu yang sedang melintas.

Baca Juga: Warga Buton Tengah Terdampar di Kabaena, Saat ini Belum Tersambung Keluarganya

Ketiga korban berada di atas sebuah rumpon sekitar 6 mil laut dari Last Known Position (LKP). Selanjutnya korban dievakuasi ke Lasalimu, Kabupaten Buton.

Salah seorang keluarga korban, Wahyu, mengaku bersyukur karena korban sudah ditemukan dalam keadaan selamat.

"Alhamdulillah sudah ditemukan dengan selamat," tulis Wahyu melalui pesan singkat, saat dihubungi Telisik.id, Minggu (27/8/2023) pagi. (B)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga