Kementerian Sosial bersama Anggota Komisi VIII DPR RI Menyerahkan Bantuan Sosial senilai 100 Miliar lebih di Kabupaten Konawe

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 28 November 2023
0 dilihat
Kementerian Sosial bersama Anggota Komisi VIII DPR RI Menyerahkan Bantuan Sosial senilai 100 Miliar lebih di Kabupaten Konawe
Sentra Meohai bersama Kementerian Sosial dan Anggota Komisi VIII DPR RI Menyerahkan bantuan sosial senilai Rp 100 miliar lebih di Kabupaten Konawe dan Kota Kendari. Foto: Ist.

" Sentra Meohai Kendari bersama anggota Komisi VIII DPR RI, Fachri Pahlevi Konggoasa dan Kementerian Sosial RI, menyerahkan bantuan sosial kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) "

KENDARI, TELISIK.ID - Sentra Meohai Kendari bersama anggota Komisi VIII DPR RI, Fachri Pahlevi Konggoasa dan Kementerian Sosial RI melalui Ditjen Rehabilitasi Sosial, Ditjen Linjamsos, Ditjen Dayasos, BBPPKS Makassar, menyerahkan bantuan sosial kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Bantuan senilai Rp 100 miliar lebih itu diserahkan kepada PPKS di Kabupaten Konawe dan Kota Kendari, Minggu dan Senin (26-27/11/2023).

Di Konawe, penyerahan bantuan dilaksanakan di aula Desa Tetemotaha Kecamatan Wonggeduku. Kepala Sentra Meohai Kendari, Fepi Rubianti, menjabarkan program Kementerian Sosial yang akan disalurkan terdiri dari: bantuan PKH tahap III  senilai Rp 5.440.004.306, bantuan Rumah Sederhana Terpadu (RST)  untuk 20 KPM senilai Rp 400.000.000, program sembako untuk 19.308 KPM senilai Rp 46.339.200.000, alat bantu disabilitas untuk 18 PM senilai Rp 98.187.500, bantuan program ATENSI untuk 20 orang PM senilai Rp 24.763.000, bantuan untuk anak yatim piatu (YAPI) sebanyak 52 anak senilai Rp 31.200.000. Total bantuan dari semua program tersebut senilai Rp 52.333.354.806.

Sedangkan penyerahan bantuan di Kota Kendari dilaksanakan di aula Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu. Bantuan sosial yang diserahkan terdiri dari bantuan PKH untuk 8.075 KPM senilai Rp 4.027.148.975, program sembako untuk 18.195 KPM senilai Rp 43.668.000.000, alat bantu disabilitas untuk 18 PM senilai Rp 57.807.500, bantuan program ATENSI untuk 54 orang PM senilai Rp 56.000.000, bantuan untuk anak yatim piatu (YAPI) sebanyak 45 anak senilai Rp 27.000.000, Pena Berdikari untuk 4 orang PM senilai Rp. 9.000.000. Total bantuan dari semua program senilai Rp 47.845.556.475.

Fepi Rubianti menyampaikan bahwa, bantuan sosial yang disalurkan adalah sebagai wujud kehadiran negara untuk meningkatkan keberfungsian sosial para penerima manfaat dan keluarganya.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Salurkan Bantuan Melalui Sentra Meohai Rp 168,3 Juta

"Penyaluran bantuan sosial ini sebagai wujud kehadiran negara melalui Kementerian Sosial dalam rangka meningkatkan keberfungsian sosial para penerima manfaat dan keluarganya. Kami berharap agar bantuan dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ungkap Fepi.

Saat yang sama, Fachri Pahlevi Konggoasa, menyampaikan bahwa kegiatan bersama ini dilandasi oleh hubungan kemitraan antara Komisi VIII DPR RI dengan Kementerian Sosial RI.

"Kehadiran saya di daerah ini tidak sendiri. Tetapi bersama dengan Kementerian Sosial RI dalam hal ini UPT Sentra Meohai Kendari sebagai salah satu mitra kerja Komisi VIII DPR RI," ucap Fachri.

Dia menambahkan, kita patut bersyukur karena masyakat Kabupaten Konawe dan Kota Kendari banyak mendapatkan bantuan sosial. Ada sekitar sembilan belas ribu bantuan sembako, ada juga bantuan bagi anak yatim piatu.

"Anak yatim piatu perlu mendapatkan perhatian karena merekalah masa depan penerus pembangunan daerah ini," tambahnya.

Kepala Dinas Sosial Konawe, Nasrudin, dalam sambutannya mengatakan bahwa masyarakat Konawe patut bersyukur karena mendapatkan kunjungan sekaligus menyerahkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial melalui Sentra Meohai Kendari dan anggota Komisi VIII DPR RI.

Baca Juga: Sentra Meohai Kendari Lepas 19 Penyandang Disabilitas Setelah Dibekali Ilmu dan Keterampilan

“Kita patut bersyukur dan berterima kasih karena masyarakat Konawe mendapatkan kunjungan dan menyerahkan bantuan sosial yang jumlahnya besar dari Kementerian Sosial melalui Sentra Meohai Kendari dan anggota Komisi VIII DPR RI, Bapak Fachri Pahlevi Konggoasa yang juga kita ketahui bersama sebagai putra daerah Konawe,” ucap Nasrudin.  

Sambutan yang sama juga diberikan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Sapri. Mewakili Pemerintah Kota Kendari, Sapri mengucapkan terima kasih atas perhatian yang begitu besar dari anggota Komisi VIII DPR RI dan Kementerian Sosial melalui Sentra Meohai Kendari dengan memberikan bantuan sosial kepada warga Kota Kendari.

Turut hadir pada kegiatan tersebut sejumlah pejabat struktural di lingkungan Dinas Sosial Konawe dan Kota Kendari, camat, lurah, kepada desa, dan para pendamping sosial. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga