Pemerintah Pusat Salurkan Bantuan Melalui Sentra Meohai Rp 168,3 Juta

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 31 Agustus 2023
0 dilihat
Pemerintah Pusat Salurkan Bantuan Melalui Sentra Meohai Rp 168,3 Juta
Pemerintah pusat salurkan bantuan bagi penyandang disabilitas melalui Sentra Meohai Kota Kendari senilai Rp 168.300.000. Foto: Ist.

" Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Sentra Meohai memberikan bantuan atensi pada penyandang disabilitas yang terpilih "

KENDARI, TELISIK.ID - Membantu penyandang disabilitas dalam mencapai keberfungsian sosial individu, keluarga dan komunitas, Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Sentra Meohai memberikan bantuan atensi pada penyandang disabilitas yang terpilih.

Atensi ini adalah salah satu program Kementerian Sosial melalui Sentra Meohai Kendari dalam mendampingi penerima manfaat untuk melaksanakan manfaat fungsi sosialnya di masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan dan hak dasar, melaksanakan tugas dan peran sosial, serta mengatasi masalah dalam kehidupan.

Ketua Sentra Meohai Kendari, Fepi Rubianti menyebutkan, bantuan ini tidak asal diberikan, melainkan berdasarkan hasil assessment yang sudah dilakukan oleh tim dari Sentra Meohai sesuai dengan kebutuhan.

Oleh para penerima manfaat, bantuan tersebut berupa kebutuhan dasar dan bantuan kewirausahaan dengan jumlah yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

"Yang akan menerima bantuan dari Sentra Meohai sebanyak tujuh puluh dua orang, terdiri dari lansia 25 orang, disabilitas 35 orang, korban bencana 2 orang, kelompok rentan 5 orang, dan 5 orang napsa," tuturnya di Kantor Pos Kendari.

Baca Juga: Pemkab Konawe Salurkan Bantuan Fisik ke Kaum Disabilitas

Bantuan tersebut tersebar di 10 kecamatan di Kota Kendari dengan total nilai bantuan sebesar Rp 168.300.000. Jika dirata-rata, per orang mendapatkan sekitar Rp 2.400.000.

"Harapan kami untuk bapak dan ibu penerima bantuan bisa dijadikan modal utama untuk memberdayakan kumpulan bapak dan ibu sendiri," bebernya, Kamis (31/8/2023).

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menuturkan atensi dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial disalurkan oleh Sentra Meohai bagi masyarakat yang terpilih, bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik.

"Kepada bapak ibu yang sudah terpilih, agar digunakan yang sifatnya produktif, bukan kegiatan yang habis pakai. Karena harapan pemerintah pusat melalui bantuan ini bisa tumbuh dan berkembang," tambahnya.

Melansir Dinsos.majalengka.go.id, Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial bagi Penyandang Disabilitas pasal 2 menyebutkan bahwa Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial bagi Penyandang Disabilitas bertujuan: 

Baca Juga: Dekrnasda Konawe Salurkan Bantuan Peralatan Kepada UKM Binaan

- Memenuhi kebutuhan dasar penyandang disabilitas

- Menjamin terlaksananya fungsi sosial penyandang disabilitas

- Meningkatkan kesejahteraan sosial yang mengakhiri bagi penyandang disabilitas

- Mewujudkan masyarakat inklusif.

Di tingkat daerah, berupa layanan langsung di masyarakat, secara teknis upaya mewujudkan penghormatan, perlindungan dan memberikan hak penyandang disabilitas dilakukan melalui program Atensi.

Atensi adalah layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas, dan/atau residensial melalui kegiatan dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak, perawatan sosial atau pengasuhan anak, dukungan keluarga, terapi fisik, terapi psikososial, dan sebagainya. (A-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga