Serahkan Lima Unit Ambulance, Surunuddin Harap Puskesmas Tingkatkan Pelayanan

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Rabu, 23 September 2020
0 dilihat
Serahkan Lima Unit Ambulance, Surunuddin Harap Puskesmas Tingkatkan Pelayanan
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga saat menyerahkan kendaraan Ambulance. Foto: Ist.

" Alhamdulillah, secara bertahap saya realisasikan janji kala itu untuk menyediakan kendaraan operasional. Untuk peralatan medis telah kita distribusikan jauh sebelumnya. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga menyerahkan kendaraan operasional Mobil Ambulance kepada lima Puskesmas lingkup Konsel.

Penyerahan bantuan yang diterima oleh Kepala Puskesmas masing-masing, yakni Puskesmas Tinanggea, Palangga, Sabulakoa, Pamandati dan Ranomeeto Barat berlangsung di halaman Kantor Bupati Konsel, Selasa (22/9/2020).

Diketahui, bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Kesehatan Konsel dan bagian dari realisasi janji bupati kepada masyarakat dan tenaga medis pada awal tahun 2020.

"Alhamdulillah, secara bertahap saya realisasikan janji kala itu untuk menyediakan kendaraan operasional. Untuk peralatan medis telah kita distribusikan jauh sebelumnya," kata Surunuddin.

Surunuddin mengatakan, kebutuhan akan transportasi penting diadakan, mengingat luas wilayah dan jangkauan pelayanan antar desa, khususnya di Kecamatan Laonti yang hanya bisa dilalui via laut.

Untuk itu dirinya berharap, dengan diserahkannya kendaraan operasional, peran Puskesmas dan tenaga medis dalam penanganan dan pencegahan penyakit bisa lebih cepat dan maksimal.

Baca juga: Buton Siap Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Porprov Tahun 2022

"Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak tertanganinya keluhan kesehatan masyarakat," harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan, dr Maharayu menjelaskan, sumber anggaran pengadaan transportasi tersebut berasal dari DAK Afirmasi dan DAK Reguler tahun 2020.

Seyogyanya, penyerahan berjumlah tujuh unit, namun dua unit kendaraan jenis double cabin untuk Kecamatan Laonti.

"Selain itu, kita sudah serahkan 30 unit jenis kendaraan roda dua di berbagai Puskesmas se-Konsel," kata Dokter Maharayu.

Ditambahkan, transportasi laut yang berjumlah dua unit untuk Desa Bungin dan Desa Wawosunggu sedang dalam pengerjaan dan akan dipercepat penyelesaiannya sesuai perintah Bupati Konsel.

"Semua ini bukti kepedulian bupati terhadap peningkatan kualitas dan pelayanan kesehatan di Konsel," tandasnya.

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga