Sering Merasa Pusing Usai Makan Durian? Ini Sebab dan Cara Atasinya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Kamis, 14 Juli 2022
0 dilihat
Sering Merasa Pusing Usai Makan Durian? Ini Sebab dan Cara Atasinya
Walaupun digolongkan dalam buah-buahan, mengonsumsi durian berlebihan juga tidak baik dan memberikan efek samping. Salah satunya, pusing, muntah, atau bahkan reaksi alergi pada beberapa orang. Foto: Repro Kompas.com

" Buah yang mendapat julukan “raja buah” ini memang dikenal memiliki karakteristik yang unik, seperti kulit yang berduri, aroma yang kuat dan tajam, serta tekstur daging buah yang lembut dan manis "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian besar orang memakan durian karena rasanya yang enak. Buah yang mendapat julukan “raja buah” ini memang dikenal memiliki karakteristik yang unik, seperti kulit yang berduri, aroma yang kuat dan tajam, serta tekstur daging buah yang lembut dan manis.

Namun, seseorang yang memakan durian dalam jumlah banyak, biasanya akan merasakan pusing yang istilahnya disebut sebagai mabuk durian.

Hal ini ditandai dengan rasa tidak nyaman dalam perut, buang gas secara terus menerus, diare hingga muntah.

Mengutip dari Doktersehat.com, meskipun belum ditemukan secara pasti pemicunya, namun para ahli medis percaya kondisi “mabuk durian” dipicu oleh tingginya kandungan gula dalam buah durian, seperti fruktosa dan sukrosa.

Bagi penderita diabetes maupun orang yang memiliki riwayat keturunan penderita diabetes, hal tersebut dapat memicu kenaikan kadar gula dalam darah yang ditandai dengan gejala seperti penglihatan kabur dan mual.

Selain itu, durian merupakan salah satu buah yang mengandung kalium paling tinggi. Dimana Kalium adalah salah satu dari elektrolit penting dalam mekanisme kontraksi otot jantung.

Jika terdapat kadar kalium yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan gangguan irama jantung. Terlebih bagi seseorang yang sudah mengalami gangguan fungsi ginjal, bisa menyebabkan kegawatdaruratan hingga menyebabkan kematian.

Lantas hal apa yang harus dilakukan untuk mengatasi mabuk durian?

Baca Juga: Simak 7 Hal Penting Sebelum Menyimpan Daging di Freezer

Mengutip dari Halodoc.com, berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi atau menghilangkan mabuk durian:

1. Minum air dari kulit durian

Cara tradisional memercayai mengonsumsi air yang dituangkan di cekungan kulit dalam durian dapat meredakan gejala mabuk dan mengurangi sensasi mual.

2. Makan buah manggis

Mengonsumsi buah manggis juga dipercaya dapat mengurangi gejala mabuk durian yang sangat tidak mengenakkan. 

3. Minum air hangat dan garam

Mengonsumsi air putih hangat yang ditambahkan sesendok garam juga dapat membantu mengurangi sensasi mabuk durian. 

4. Minum susu

Mengonsumsi susu juga bisa jadi salah satu pilihan untuk menetralkan kandungan gas pada durian.

5. Minum air kelapa

Air kelapa dikenal karena konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya, sehingga sangat baik untuk keadaan dehidrasi termasuk juga keracunan. Air kelapa memiliki kandungan kalium yang melimpah, demikian juga potasium. 

Baca Juga: Simak Cara Olah Daging Sapi Jadi Empuk dengan Nanas

Dua kandungan ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Plus kalium dan natrium pada air kelapa dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah. 

6. Paracetamol

Mengonsumsi parasetamol juga dapat mengurangi mabuk durian, apalagi kalau mabuknya diiringi sakit kepala. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga