Ini 4 Tips Pilih Hidangan Sehat Saat Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 14 April 2023
0 dilihat
Ini 4 Tips Pilih Hidangan Sehat Saat Lebaran
Penting untuk mengetahui ketika memilih hidangan sehat untuk jamuan lebaran. Foto: Shutterstock

" Hari raya Idul Fitri atau lebaran menjadi momen bahagia dan kemenangan bagi umat Islam. Hari tersebut dirayakan dengan makan-makan "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari raya Idul Fitri atau lebaran menjadi momen bahagia dan kemenangan bagi umat Islam. Hari tersebut dirayakan dengan makan-makan.

Pada umumnya, dikutip dari hellosehat.com, perayaan Idul Fitri di Indonesia selalu identik dengan menu tradisional yang penuh rempah dan kaya bumbu.

Hidangan yang banyak disajikan saat lebaran beragam, mulai dari opor ayam, rendang, sampai sambal goreng ati, hampir semua hidangan lebaran ini tinggi lemak.

Maka jika kita tidak mengontrol asupannya, kolesterol, asam urat, gula darah dan tekanan darah bisa naik.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui ketika memilih hidangan sehat untuk jamuan lebaran.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Jenis Obat Perlu Dibawa saat Mudik Lebaran

Melansir yoursay.id dari klikdokter.com, berikut beberapa tips ketika memilih hidangan sehat untuk jamuan lebaran:

1. Batasi porsi makan

Untuk mencegah makan berlebihan, kamu perlu untuk membatasi porsi makan. Tips yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan piring kecil ketika makan.

Makan dengan piring kecil akan membuat kesan penuh makanan pada piring. Selain itu, batasi konsumsi makanan yang tidak sehat selama lebaran. 

2. Menghindari jeroan

Ketika lebaran, tak jarang hidangan yang disajikan adalah jeroan yang diolah berbagai macam menu masakan.

Untuk menciptakan hidangan sehat, sebaiknya mulai hindari untuk mengonsumsi jeroan terlalu banyak karena bisa memicu kolesterol. Selain kolesterol, masalah lain yang biasanya muncul adalah kenaikan asam urat di tubuh. 

3. Kurangi makanan manis

Kue-kue lebaran yang disuguhkan banyak yang memiliki cita rasa manis. Oleh sebab itu, perlu dibatasi ketika mengonsumsinya. Terutama untuk penderita diabetes melitus harus lebih waspada ketika menyantapnya.

Namun bagi yang tidak memiliki permasalahan pada kesehatan, perlu mengatur porsi makannya agar tidak memicu kenaikan berat badan.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Tingkatkan Imunitas Tubuh Selama Ramadan

4. Ganti makanan bersantan

Makanan bersantan erat kaitannya dengan momen saat lebaran, seperti olahan opor, rendang, kari, gulai dan lain sebagainya rata-rata menggunakan santan. Makanan-makanan ini sering kali menjadi penyebab munculnya kolesterol tinggi.

Sebenarnya kolesterol mempunyai manfaat yang cukup baik oleh tubuh. Namun ketika dikonsumsi secara berlebihan, bisa memicu dampak yang berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, kamu bisa mengganti santan dengan produk yang lebih sehat.

Misalnya seperti multipurpose creamer. Creamer juga tak kalah nikmat dengan santan. Maka dari itu, ketika lebaran perlu membatasi konsumsi makanan bersantan atau kamu bisa menggantinya dengan creamer.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan ketika memilih hidangan sehat untuk jamuan lebaran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga