adplus-dvertising

Mau Beli HP Baru? 7 Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 02 Februari 2022
1132 dilihat
Mau Beli HP Baru? 7 Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan
Ilustrasi handphone. Foto: Repro Freepik

" HP yang baru saja dibeli, tentu perlu dikonfigurasi terlebih dahulu. Hal ini penting supaya pengguna dapat memulai mengoperasikan ponsel pintarnya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Smartphone atau Handphone (HP) saat ini sudah menjadi kebutuhan vital sebagian masyarakat, karena berbagai aktivitas sudah banyak dilakukan lewat HP.

Dikutip dari tulungagung.com, HP yang juga biasa disebut Telepon genggam atau telepon selular (ponsel) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa kemana-mana (portabel, mobile).

Melansir okezone.com, HP yang baru saja dibeli, tentu perlu dikonfigurasi terlebih dahulu. Hal ini penting supaya pengguna dapat memulai mengoperasikan ponsel pintarnya.


Lantas apa saja yang harus diperhatikan saat membeli HP baru? Mengutip dari AndroidPit, berikut 7 hal yang perlu diperhatikan ketika baru saja membeli smartphone:

1. Pilih Bahasa

Setelah menghidupkan smartphone baru, pengguna akan dihadapkan pada layar pembuka di mana bakal diminta untuk memilih bahasa.

Pilih bahasa yang diinginkan dari daftar dan ketuk panah untuk melanjutkan.

2. Masukkan Kartu SIM

Biasanya, pengguna diminta untuk memasukkan kartu SIM, meski sebenarnya dapat tahap melewati ini, tetapi dengan asumsi benar-benar ingin langsung menggunakannya, ini merupakan langkah penting.

3. Pilih Jaringan Wi-Fi

Jika dalam jangkauan jaringan nirkabel, pengguna dapat terhubung dengan Wi-FI. Cukup pilih jaringan dari daftar dan masukkan kata sandi jika diperlukan. Lalu ketuk "Hubungkan".

Baca Juga: Kamu Karyawan? Ini 5 Cara untuk Bisa Jadi Kaya

Disarankan menghubungkan ke Wi-Fi pada tahap ini agar bisa mengunduh pembaruan dan aplikasi baru sesegera mungkin.

4. Pengaturan dan Login ke Akun Google

Tahap berikutnya adalah mengatur atau masuk ke akun untuk menggunakan ponsel pintar dengan aplikasi dan layanan Google, seperti Gmail atau Play Store.

Bila sudah memiliki akun Google, bisa langsung memasukkan detailnya. Kemudian, akan diminta untuk menerima Ketentuan Layanan dan kebijakan Privasi Google.

Bacalah (jika mau) dengan mengetuk frasa yang disorot lalu tekan "Terima". Jika belum memiliki akun Google, tetapi ingin membuatnya, cukup ikuti langkah-langkah untuk memilih nama pengguna dan membuat kata sandi.

Pengguna tidak perlu memiliki akun Google untuk menggunakan telepon, tetapi akan memerlukannya untuk menggunakan semua fungsinya, termasuk menginstal aplikasi dari Play Store.

5. Unduh Aplikasi dari Google Play

Pengaturan awal smartphone selesai, sekarang penggun bisa mengundung beberapa aplikasi yang diinginkan di Google Play Store, cobalah untuk mencari beberapa aplikasi yang Anda perlukan.

6. Instal Perangkat Lunak dan Pembaruan Android

Baca Juga: Pakai AC di Rumah? Ini Tips Agar Hemat Listrik

Saat Android dihidupkan untuk pertama kalinya, itu mungkin tidak menjalankan versi terbaru dari perangkat lunak yang tersedia untuk model spesifik perangkat.

Jadi, pengguna harus mengunduhnya setelah pengaturan, untuk memeriksa apakah pembaruan tersedia, cukup masuk ke pengaturan ponsel.

7. Personalisasi Perangkat

Kalau tidak menyukai gambar latar belakang yang menyertai perangkat, setiap smartphone menawarkan pilihan latar belakang berbeda yang dapat dipilih.

Cara untuk melakukan ini berubah tergantung pada pabrikannya, bisa lewat Display atau Wallpaper di menu pengaturan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga