Setelah Tamborasi, Kini Kampung Coklat dan Rajutan Tali Kur Masuk Nominasi API 2021

Muh. Sabil, telisik indonesia
Selasa, 22 Juni 2021
0 dilihat
Setelah Tamborasi, Kini Kampung Coklat dan Rajutan Tali Kur Masuk Nominasi API 2021
Pintu masuk Kampung Coklat, Kolaka. Foto: Ist.

" Masyarakat Kolaka patut berbangga. Setelah pada tahun 2020 lalu Sungai Tamborasi meraih juara 3 Destinasi Unik di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award, kini wisata Kampung Coklat dan kerajinan tangan khas Kolaka Rajutan Tali Kur masuk nominasi API untuk tahun 2021 ini. "

KOLAKA, TELISIK. ID - Masyarakat Kolaka patut berbangga. Setelah pada tahun 2020 lalu Sungai Tamborasi meraih juara 3 Destinasi Unik di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award, kini wisata Kampung Coklat dan kerajinan tangan khas Kolaka Rajutan Tali Kur masuk nominasi API untuk tahun 2021 ini.

Kabupaten Kolaka memang terkenal sebagai daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang memiliki tempat-tempat wisata dengan segala panorama keindahan serta keunikannya.

Destinasi wisata Kampung Coklat masuk dalam nominasi API 2021 kategori ekowisata, sedangkan Rajutan Tali Kur masuk nominasi dengan kategori cendera mata unik di Indonesia.

API yang diselenggarakan setiap tahunnya adalah ajang penghargaan wisata terbaik di Indonesia. Sedangkan API 2021 ini merupakan penyelenggaraan untuk tahun yang ke-6.

Pada pelaksanaan API kali ini, diikuti oleh 136 daerah kabupaten/kota se-Indonesia, dan Kolaka adalah salah satu daerah terpilih yang mewakili Provinsi Sultra pada ajang API 2021.

Baca juga: Tak Punya SIKM, Warga Madura Dilarang Masuk Surabaya

Baca juga: Dikbud Kolut Amankan Belasan Benda Cagar Budaya yang Dimiliki Warga Sulsel

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka, Zulkarnain Mansyur dalam keterangannya menjelaskan bahwa dari 10 nominasi yang diusulkan Dispar Kolaka pada ajang API, hanya ada dua yang masuk dominasi berdasarkan keputusan panitia pusat.

"Ada 10 yang diajukan Dinas Pariwisata Kolaka. Tapi, hanya 2 yang masuk nominasi, yaitu Rajutan Tali Kur untuk kategori cendera mata dan Kampung Coklat untuk kategori ekowisata", terang Zulkarnain Mansyur, Senin (21/6/2021).

Proses penilaian API 2021 akan dimulai pada tanggal 1 Juli sampai 31 Oktober tahun 2021melalui voting SMS.

Bagi masyarakat Kolaka yang ingin memberikan dukungan dan partisipasinya dapat mengirimkan SMS sebanyak-banyaknya.

Ketik API (spasi) 6F untuk kategori Cendera Mata (Rajutan Tali Kur), dan ketik API (spasi) 9D untuk kategori Ekowisata (Kampung Coklat) kirim ke 99386. Periode SMS mulai 1 Juli sampai 31 Oktober 2021. (B)

Reporter: Muh Sabil

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga