Si Jago Merah Melalap Habis Sebuah Rumah Warga di Mubar

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 06 Maret 2022
0 dilihat
Si Jago Merah Melalap Habis Sebuah Rumah Warga di Mubar
Kondisi salah satu rumah warga yang telah habis dilalap Si jago merah, Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Api melahap salah satu rumah warga, tepatnya di Desa Lasosodo, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kebakaran terjadi Sabtu (5/3/2022), pukul 21:00 Wita, api melahap salah satu rumah warga, tepatnya di Desa Lasosodo, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Berdasarkan dari cerita warga, jika pada saat kebakaran pemiliknya tidak berada di rumah, sebelumnya pemilik rumah tersebut yaitu seorang nenek, yang kerap disapa Nenek Eba, tetapi ia telah meninggal dunia, dan saat ini cucunya yang bernama La Iyan, menempati rumah tersebut. Pada saat kebakaran ia sedang berada di balai kecamatan.

Salah satu warga, Sulpan mengatakan, mulanya ia tak mengetahui adanya kebakaran, tetapi ada salah satu warga yang melintas dan berteriak bahwa api telah melalap atap rumah.

"Saya tidak tahu pertama, tapi ada orang dari Latompe lewat dia teriak kebakaran, pas saya keluar rumah, saya liat rumah itu sudah terbakar atapnya sama api sudah merambat ke dinding," ucapnya pada Telisik.id, Minggu (6/3/2022).

Kebakaran yang terjadi belum ditahu pasti sebab akibatnya, tetapi menurut dugaan para warga, api berasal dari korsletan listrik.

"Tidak ditau pasti apa sebabnya, tapi kayanya dari listrik yang korslet," ucap salah satu tetangga, Ibu Wa Yadi.

Baca Juga: Produksi Minyak Kelapa Sendiri, Lansia Ini Tak Terpengaruh Minyak Goreng Langka dan Mahal

Sulpan juga mengatakan, sempat ia diberitahu oleh pemilik rumah (La Iyan) bahwa sebelum kejadian kebakaran, sedang mencuk nasi di rice cooker, dugaannya api berasal dari rice cooker yang mengalami kerusakan.

"Kayanya dari rice cooker yang dicuk, karena katanya sempat dia memasak nasi sebelum kejadiannya terus ia pergi ke kecamatan," ucap sulpan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, tetapi barang-barang pemilik rumah tidak dapat terselamatkan, karena pada pukul 21:30 Wita, api semakin berkobar dan melalap bagian dinding dan lantai rumah, sehingga barang-barang berharga tidak dapat diselamatkan oleh para warga.

Baca Juga: Tepis Tudingan Timbun Minyak Goreng, Begini Penjelasan Pegawai Alfa Midi Konawe

"Tidak ada yang selamat barang-barangnya, karena api sudah besarmi terus dinding sama lantainya sudah terbakar," ucap Sulpan.

Sulpan juga mengatakan, pemadam kebakaran datang pada saat api telah melalap habis rumah tersebut.

"Damkar datang pas sudah jatuh rumahnya, sudah habis nda ada yang diselamatkan, ijazah, emas, sama barang lainnya tidak ada satupun yang dapat terselamatkan," ucapnya. (B)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Baca Juga