Siap-Siap Rekrutmen CPNS 2021, 11.580 Formasi Masih Kosong

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 02 November 2020
0 dilihat
Siap-Siap Rekrutmen CPNS 2021, 11.580 Formasi Masih Kosong
Proses seleksi rekrutmen CPNS. Foto: Repro Tribunnews.com

" Seringkali kementerian/lembaga khususnya Pemda menyusun formasi atas dasar keinginan bukan atas dasar kebutuhan nyata, sehingga terjadi pegawai yang direkrut tidak dapat didayagunakan secara optimal. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kabar baik untuk mereka yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Tjahjo Kumolo akan mempertimbangkan kembali pembukaan formasi kosong untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021.

Data terakhir disebutkan bahwa sebanyak 11.580 formasi CPNS kosong. Masih adanya formasi yang kosong pada CPNS tahun 2019 yang pada akhir Oktober 2020 sudah ada ketetapan, prinsipnya dapat dipertimbangkan untuk dialihkan ke formasi tahun 2021.

Kendati demikian, pembukaan rekrutmen CPNS 2021, menurut Menteri Tjahjo, tetap memperhitungkan kebutuhan masing-masing instansi, sehingga tidak asal membuka formasi.

“Seringkali kementerian/lembaga khususnya Pemda menyusun formasi atas dasar keinginan bukan atas dasar kebutuhan nyata, sehingga terjadi pegawai yang direkrut tidak dapat didayagunakan secara optimal,” ucapnya di kutip dari Okezone.com, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Besok, 20 Ribu Polisi Siap Kawal Demo Buruh di Istana dan MK

Setelah sempat terhenti dan terpaksa mundur karena wabah COVID-19, tahapan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2019 kembali dilanjutkan. Pengumuman hasil akhir CPNS telah diterbitkan pada Jumat, 30 Oktober 2020 secara serentak.

Melalui siaran persnya, pada Rabu (23/10/2020), Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan telah menyelesaikan tahapan rekonsiliasi integrasi hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pendaftar CPNS formasi 2019.

Pada hari yang sama juga, semua hasil seleksi ditargetkan sudah diterima seluruh instansi pemerintah yang membuka rekrutmen CPNS 2019.

Setelah semua data hasil SKD dan SKB diperoleh masing-masing instansi, barulah pengumuman CPNS formasi 2019 bisa disiarkan, yang rencananya akan diumumkan pada Jumat (30/10/2020).

Bagi peserta CPNS yang dinyatakan lolos seleksi akan diarahkan untuk mengunggah berkas secara digital melalui akun masing-masing pendaftar di portal SSCN (https://sscn.bkn.go.id). (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga