Malam Ini Debat Terakhir Capres, Ini Sosok Moderator dan Perubahan Terbaru

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 04 Februari 2024
0 dilihat
Malam Ini Debat Terakhir Capres, Ini Sosok Moderator dan Perubahan Terbaru
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana. Foto: Repro Getty Images

" Debat Pilpres ke-5 mengusung tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi "

KENDARI, TELISIK.ID - Debat kelima Pilpres 2024 akan berlangsung malam ini, Minggu (4/2/2024), pukul 19.00 WIB. Debat tersebut menjadi momentum terakhir para calon presiden (capres) menyampaikan gagasannya.

Gelaran debat capres 2024 diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan Pasal 50 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024.

Debat Pilpres ke-5 ini mengusung tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi. Debat capres terakhir di Pemilu 2024 bakal kembali menampilkan tiga calon presiden, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Sesuai regulasi, debat Pilpres ke-5 bakal diputar selama 2,5 jam atau 150 menit. Total durasi itu dibagi menjadi 120 menit untuk segmen debat, sedangkan 30 menit sisanya digunakan untuk jeda iklan acara.

Pelaksanaan debat Pilpres ke-5 atau debat capres terakhir di Pemilu 2024 akan dipandu oleh 2 moderator, Dwi Anggia dan Andromeda Mercury. Berikut sosok keduanya.

Dwi Anggia

Melansir Tirto.id, mengawali kariernya di bidang broadcasting dengan menjadi penyiar radio di Arbes FM Padang mulai 2002. Pekerjaan itu dilakukan Dwi Anggia selama 2 tahun sembari menyelesaikan kuliah.

Baca Juga: Ada Capres yang Was-Was Jelang Debat Terakhir, Anies Siap Berikan Suprise

Dwi Anggia tercatat juga pernah berpartisipasi di ajang SCTV Goes to Campus dan keluar sebagai juara 3. Usai meraih gelar sarjana, presenter yang akrab disapa Anggi itu bergabung ke SCTV, khususnya di acara Liputan 6.

Anggi mengemban tugas sebagai reporter di Liputan 6 SCTV selama 1 tahun. Ia juga sempat menggawangi program acara kriminal bertajuk "Buser". Kariernya di SCTV terentang selama 4 tahun, sejak 2005-2009. Pada pertengahan 2009, Dwi Anggia memutuskan pindah ke ANTV. Ia menjadi presenter berita ANTV hingga 2011.

Pasalnya, selepas di ANTV, Anggi dipercaya menjadi Associate Produser untuk program Kabar tvOne. Pada Agustus 2015-Juli 2017, Dwi Anggia beralih menjadi Supervisor Talent Division (Presenter), sembari masih aktif sebagai penyiar berita tvOne. Ia kemudian membidani program Dua Sisi dan Fakta tvOne selama 2017-2020. Dalam mengawal program Dua Sisi dan Fakta tvOne, Dwi Anggia menjabat executive producer. Hingga saat ini, Anggi masih menjadi bagian dari tvOne dan memandu jalannya program berita di stasiun tersebut.

Andromeda Mercury

Presenter pria yang acap disapa Andro ini lahir pada 18 Mei 1998. Andromeda Mercury merupakan lulusan Universitas Padjajaran (Unpad), tepatnya dari Jurusan Administrasi Publik. Namun, Andro sudah dekat dengan dunia jurnalistik sejak masih berstatus pelajar SMA.

Andromeda tercatat pernah menjadi wartawan pelajar ketika masih kelas 2 SMA di Palembang, Sumatera Selatan. Kala itu, ia tergabung dalam media Lembaran Pelajar Sumatera Selatan. Andro juga sempat mengikuti kompetisi wartawan pelajar.

Ajang itu membawanya menjadi wartawan pelajar di Sriwijaya Post. Ia banyak menulis di surat kabar tersebut sambil menimba ilmu jurnalistik. Ketika telah aktif sebagai mahasiswa di Unpad, Andromeda tak mengabaikan bidang yang ia rintis sebelumnya, yaitu jurnalistik. Ia pun ikut lomba news anchor di ANTV. Tawaran pekerjaan justru datang dari TVRI Jawa Barat.

Baca Juga: Mesranya Jokowi Makan Bakso dengan Prabowo, Anies Siapkan Kejutan Ini di Debat Terakhir

TVRI Jabar menyodori Andro tawaran kerja sebagai penyiar, meski hanya berstatus pegawai freelance. Ia cuma melaksanakan tugas siaran di stasiun televisi tersebut, tanpa terikat untuk memproduksi berita. Sementara itu, karier Andromeda di tvOne dimulai ketika ia ikut lomba News Anchor tvOne. Lomba ini membuka pintu Andromeda untuk bekerja sebagai penyiar berita tvOne sampai sekarang.

Sementara itu dilansir dari kbr.id, Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, tidak ada perubahan segmen pada debat terakhir capres ini, kecuali KPU hanya akan memberikan perubahan waktu tambahan.

"Secara prinsip waktu dan segmen dari pelaksanaan debat tidak mengalami perubahan. Tetapi pada saat rapat evaluasi yang terakhir atau rapat koordinasi ada usulan dari tim paslon. Untuk khusus di debat kelima ini pada segmen terakhir yaitu segmen penutup itu akan ditambahkan alokasi waktu untuk masing-masing paslon. Yang biasanya di segmen ke-6 itu 2 menit menjadi 4 menit. Tanpa mengubah durasi waktu total pelaksanaan debat 120 menit," ujar August. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga