Sikap PDIP Indonesia Batal Ikut Piala Dunia U-20, Dulu Tolak Israel Kini Salahkan PSSI

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 31 Maret 2023
0 dilihat
Sikap PDIP Indonesia Batal Ikut Piala Dunia U-20, Dulu Tolak Israel Kini Salahkan PSSI
PDIP bereaksi setelah Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Foto: Tribunnews.com

" Sebelum FIFA resmi mengumumkan soal penghapusan Indonesia, PDIP lewat Ketua DPP PDIP Bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan, Hamka Haq menyatakan penolakan terhadap Timnas Israel "

JAKARTA, TELISIK.ID - PDIP bereaksi setelah Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Sebelum FIFA resmi mengumumkan soal penghapusan Indonesia, PDIP lewat Ketua DPP PDIP Bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan, Hamka Haq menyatakan penolakan terhadap Timnas Israel.

Tak hanya itu, dua kepala daerah yang juga kader PDIP yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster, turut menolak kedatangan timnas Israel.

Baca Juga: Bawaslu Jawa Timur Larang Tempat Ibadah dan Pendidikan untuk Kampanye

Koster bahkan sempat menyampaikan, dia khawatir jika situasi Bali menjadi tidak kondusif dalam proses pengundian (drawing) peserta dan tidak ingin memori kelam seperti peristiwa bom Bali terulang.

Awalnya, penolakan dilakukan oleh Gubernur Bali yang menolak kehadiran timnas Israel di Indonesia. Pada 14 Maret 2023, Wayan Koster mengirim surat resmi penolakan Israel bernomor T.00.426/11470/SEKRET.

"Kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang tim dari Negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali. Kami, Pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan tim dari Negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali," bunyi isi surat tersebut, dilansir dari Kompas.com.

Namun kini setelah FIFA mengumumkan pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, pihak PDIP yang sebelumnya vokal menyatakan penolakan tersebut kini justru menyalahkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pasalnya, PSSI dinilai kurang bisa melobi FIFA sehingga perhelatan internasional tersebut gagal dilaksanakan di tanah air.

Dikutip dari Tribunwow.com, politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno menyesalkan dicopotnya status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Pihaknya menilai lobi-lobi yang dilakukan PSSI pada FIFA terlalu lemah dan tumpul.

"Kami menyayangkan pembatalan event besar tersebut. Lobi-lobi PSSI terasa lemah atau tumpul," kata Hendrawan.

Baca Juga: Aksan Jaya Putra Optimis Menang Pileg dan Pilwali Kota Kendari 2024

Menurut Hendrawan, PDIP sempat mengusulkan agar pertandingan yang diikuti Israel digelar di negara tetangga.

Adapun peringatan mengenai keikutsertaan Israel itu diklaim sudah disampaikan PDIP pada pemerintah sejak Agustus 2022.

"Padahal sudah lama, sejak Agustus 2022, kami mengingatkan konsekuensi keikutsertaan Israel. Dari awal kami mengusulkan untuk pertandingan yang diikuti Israel dilakukan di LN, negara tetangga, karena kita dalam posisi sebagai Ketua ASEAN," tandasnya. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga