5 Tanaman Hias Penyaring Polusi Udara di Rumah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 16 Agustus 2023
0 dilihat
5 Tanaman Hias Penyaring Polusi Udara di Rumah
Bird’s nest fern (pakis sarang burung) adalah tanaman hias dalam ruangan yang sangat baik untuk membersihkan udara, memurnikan udara dari formaldehida. Foto: Steemit.com

" Kualitas udara di DKI Jakarta dalam kategori buruk belakang ini. DKI Jakarta menjadi kota dengan kualitas terburuk nomor tiga di dunia setelah Doha, Qatar, dan Baghdad, Irak "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kualitas udara di DKI Jakarta dalam kategori buruk belakang ini. DKI Jakarta menjadi kota dengan kualitas terburuk nomor tiga di dunia setelah Doha, Qatar, dan Baghdad, Irak.  

Polusi udara tidak hanya terjadi di luar ruangan, tetapi juga di dalam rumah. Menurut Environmental Protection Agency (EPA), udara dalam ruangan bisa lima kali lebih tercemar daripada di luar, yang dapat memiliki efek samping serius bagi kesehatan seperti dilansir dari Kompas.com

Salah satu cara menghilangkan polusi udara dan meningkatkan kualitas udara di dalam rumah adalah membawa tanaman hias. Ada beberapa tanaman hias yang bertindak sebagai penyaring alami untuk polusi udara di dalam ruangan antara lain:

Baca Juga: Deretan Tanaman Hias Ini Bisa Kurangi Debu di Rumah

1. Bird’s nest fern

Bird’s nest fern (pakis sarang burung) adalah tanaman hias dalam ruangan yang sangat baik untuk membersihkan udara, memurnikan udara dari formaldehida, yang sering ditemukan pada penutup lantai dan dinding baru.

Dengan daun hijau limau mengkilap yang tumbuh dalam bentuk mawar, tanaman hias ini membuat pernyataan mencolok di rak atau ambang jendela

2. Spider plant

Tanaman laba-laba atau spider plant adalah salah satu tanaman paling mudah ditemukan dan dirawat sehingga cocok untuk pemula dan mereka yang sibuk.

Tanaman laba-laba tumbuh dengan cepat dan terlihat cantik di keranjang gantung, terutama di ruang kerja. Terkadang, tanaman ini juga menghasilkan bunga putih yang indah.

Tumbuhan ini memiliki lebih dari 200 spesies dan dapat menyerap nitrogen dioksida secara efektif serta membantu menjaga udara tetap bersih dan segar.

3. Peace lili

Mengutip Cnbcindonesia.com, pada 1980-an, NASA dan Associated Landscape Contractors of America menemukan bahwa peace lili (bunga lili) adalah salah satu dari tiga tanaman teratas untuk menghilangkan racun rumah tangga biasa, bahkan amonia.

Tak hanya cantik, bunga lily ternyata mampu membersihkan udara dan melawan berbagai racun, di antaranya adalah karbon monoksida, formaldehyde, xylene, benzene, dan trichloroethylene.

Baca Juga: Deretan Tanaman Hias Mampu Serap Kelembapan Kamar Mandi

4. Dracaena

Tanaman dracaena memiliki dedaunan panjang yang tebal dan berbentuk pedang. Tanaman ini sangat cocok bagi pemula karena mudah dirawat.

Dracaena juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan lingkungan rumah yakni menghilangkan polutan dari udara, meningkatkan konsentrasi dan fokus.

5. Golden Pothos (Epipremnum aureum)

Juga dikenal sebagai devil's ivy, tanaman ini dapat membersihkan udara yang sangat bermanfaat untuk pernapasan. Tumbuh subur dalam berbagai kondisi dan dapat tumbuh hingga 8 kaki panjangnya, goldon pothos dianggap sebagai salah satu pembersih udara dalam ruangan yang paling efektif untuk menghilangkan racun. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga