4 Cara Atasi Susah BAB Saat Puasa

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 03 April 2023
0 dilihat
4 Cara Atasi Susah BAB Saat Puasa
Ibadah puasa di bulan Ramadan membuat pola makan berubah, hal ini salah satunya berdampak pada masalah pencernaan seperti sulit BAB. Foto: Repro Rey.id

" Kurang minum air putih, makan makanan yang rendah serat, dan kurang bergerak, adalah beberapa di antara penyebab susah BAB "

KENDARI, TELISIK.ID – Ibadah puasa di bulan Ramadan membuat pola makan berubah, hal ini salah satunya berdampak pada masalah pencernaan seperti sulit buang air besar (BAB). Susah BAB saat puasa biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.

Kurang minum air putih, makan makanan yang rendah serat, dan kurang bergerak, adalah beberapa di antara penyebab susah BAB. Namun, faktor utama penyebab sulit BAB adalah usus besar menyerap terlalu banyak air dari makanan yang kamu makan.

Berikut beberapa tips atasi sulit BAB saat berpuasa, dilansir dari Tempo.co dan Siloamhospital.com.

1. Banyak Minum Air

Agar tubuh Anda berfungsi dengan baik, Anda harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung air.

Meskipun saat berpuasa Anda tidak diperbolehkan minum di siang hari, namun Anda harus tetap memaksimalkan asupan minum saat sahur dan berbuka puasa.

Sama seperti hari biasa, asupan cairan saat berpuasa dianjurkan tidak kurang dari dua liter dalam sehari. Volume tersebut kurang lebih setara dengan 8 gelas air putih.

Baca Juga: Awas, 5 Penyebab Ini Kamu Bisa Diare Saat Puasa

Apabila Anda kurang minum air, akan menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh dan bisa berujung pada sembelit. Asupan cairan yang tepat di bulan puasa yaitu:

- 1 gelas setelah bangun sahur

- 1 gelas selepas sahur

- 1 gelas saat berbuka puasa

- 1 gelas setelah salat maghrib

- 1 gelas setelah makan malam

- 1 gelas setelah salat isya

- 1 gelas setelah salat tarawih

- 1 gelas sebelum tidur.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Dikutip dari WebMD, makanan yang mengandung serat tinggi sangat baik untuk mengatasi sulit BAB karena serat membantu melunakkan kotoran dan mempercepat gerakan usus besar.

Ketika makanan yang Anda konsumsi mengandung serat, serat akan menyerap udara di usus dan membantu membentuk kotoran yang lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga: 6 Penyebab Orang Sering Kentut yang Perlu Diketahui

Secara bertahap tingkatkan jumlah serat dalam makanan Anda sampai Anda mendapatkan setidaknya 20-35 gram serat setiap hari. Sumber serat yang baik termasuk biji-bijian utuh yang ditemukan dalam sereal, roti, dan beras merah, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan segar atau kering.

3. Jangan Menunda BAB

Menahan buang air besar dapat menyebabkan sembelit atau kesulitan buang air besar. Saat Anda menunda BAB, kotoran yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh akan bertahan lebih lama di usus besar. Semakin lama bertahan, maka semakin banyak udara yang diserap oleh usus besar. Hal ini menyebabkan kotoran BAB menjadi lebih kering dan keras, dan akhirnya sulit untuk dikeluarkan dari tubuh.

4. Tetap Beraktivitas

Meskipun saat berpuasa, aktivitas harus tetap berjalan seperti biasanya. Mengurangi aktivitas justru akan berdampak pada menurunnya aktivitas saluran pencernaan yang dapat menyebabkan sembelit saat puasa. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga