Beragam Tips Diet saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 18 Maret 2024
0 dilihat
Beragam Tips Diet saat Puasa
Diet saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan bisa dilakukan dengan cara tertentu. Foto: Repro alodokter/Freepik

" Banyak orang yang kurang memperhatikan asupan makanan mereka selama puasa, sehingga kenaikan berat badan menjadi hal yang sulit dihindari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu keinginan sebagian orang saat menjalani ibadah puasa, selain karena kewajiban, mereka juga tetap diet. Mengingat saat berpuasa Ramadan seringkali membuat berat badan naik karena makan lebih tidak terkontrol saat berbuka hingga sahur.

Saat berpuasa, dikutip dari halodoc.com, banyak orang yang khawatir akan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Pasalnya, banyak orang yang kurang memperhatikan asupan makanan mereka selama puasa, sehingga kenaikan berat badan menjadi hal yang sulit dihindari.

Jika berat badan malah naik selama berpuasa, itu berarti ada yang salah dengan cara melakukan diet saat puasa. Supaya tidak mengalami hal ini, ada beberapa tips diet selama puasa yang bisa dicoba.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk diet saat puasa:

1. Membatasi makanan dan minuman manis

Berbuka puasa dengan sirup atau es buah memang terasa menyegarkan dan bisa melepas rasa dahaga yang ditahan seharian. Namun, dalam menjalankan rencana diet saat puasa, Anda harus bisa konsisten mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis.

Sebagai gantinya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan tinggi air yang tidak kalah menyegarkan, seperti semangka, melon, atau blewah. Namun, dengan catatan tanpa tambahan apa pun.

2. Mengonsumsi cairan yang cukup

Tips diet saat puasa yang juga tidak boleh terlewatkan adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Idealnya, minumlah sekitar 10 gelas cairan saat buka puasa dan sahur. Kebutuhan cairan ini tidak hanya dari air putih. Anda juga bisa memenuhinya melalui makanan yang tinggi air, contohnya sup, semangka, mentimun, atau tomat.

Baca Juga: Simak Cara Mengatasi Mulut Pahit saat Puasa

Saat puasa sebaiknya batasi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Konsumsi kafein justru bisa menyebabkan dehidrasi. Selain itu, hindari juga minuman bersoda karena akan menambah asupan kalori dan menyebabkan berat badan bertambah.

3. Menghindari makan berminyak

Konsumsi gorengan, seperti tahu goreng, risol, bakwan, atau tempe goreng, memang bisa memberikan kenikmatan tersendiri saat berbuka puasa. Sayangnya, makanan berminyak ini mengandung tinggi kalori dan lemak trans yang justru bisa menambah berat badan.

Tidak hanya itu, menurut berbagai penelitian, orang yang sering mengonsumsi gorengan juga lebih berisiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan obesitas.

4. Memilih makanan tinggi protein dan serat

Daripada mengonsumsi makanan berminyak, lebih baik pilihlah makanan yang tinggi protein dan serat, baik saat berbuka puasa maupun sahur. Beberapa contoh jenis makanan tersebut, antara lain dada ayam, daging sapi tanpa lemak, ikan kembung, sarden, putih telur, kacang-kacangan.

Termasuk juga buah-buahan, terutama buah kurma, apel, pisang, jeruk, mangga, jambu, atau stroberi. Kemudian sayuran berdaun hijau, brokoli, kol, serta sayuran berwarna cerah, seperti wortel, terong, dan lobak.

Tips diet saat puasa yang satu ini penting untuk diterapkan. Hal ini karena menambah asupan protein dan serat dapat menekan hormon rasa lapar, membuat perut kenyang lebih lama, dan menurunkan keinginan untuk makan lebih banyak. Hasilnya, berat badan pun bisa lebih terkontrol.

5. Mengonsumsi jenis makanan karbohidrat kompleks

Asupan karbohidrat yang paling cocok untuk diet saat puasa adalah jenis karbohidrat kompleks, seperti roti gandum utuh, nasi merah, kentang, ubi jalar, jagung, dan buncis.

Makanan karbohidrat kompleks bisa membuat tubuh lebih berenergi. Bila sahur dengan asupan nutrisi ini, Anda jadi bisa menjalankan ibadah puasa dengan kuat dan tidak lesu.

6. Tetap berolahraga secara rutin

Puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan tidak berolahraga. Agar diet saat puasa bisa sukses, menjaga pola makan perlu diimbangi dengan aktivitas fisik yang rutin. Misalnya, olahraga ringan dengan jalan kaki atau lari di pagi hari. Bila dirasa tidak sanggup, olahraga di malam hari juga bisa menjadi pilihan.

7. Jangan melewatkan sahur

Menjalankan diet saat puasa bukan berarti harus mengurangi makan secara ekstrem hingga melewatkan sahur dan hanya makan pada saat berbuka puasa. Makan saat sahur justru dianjurkan dalam perencanaan diet yang sehat. Hal yang perlu diperhatikan adalah apa yang perlu dimakan saat sahur dan apa yang perlu dihindari.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Pantangan Makanan dan Minuman saat Batuk Berdahak

Saat sahur, disarankan untuk membatasi asupan garam atau makanan yang asin karena justru bisa meningkatkan rasa haus saat puasa. Lebih baik, konsumsilah makanan yang padat nutrisi untuk menambah energi, seperti nasi merah, roti gandum utuh, oatmeal, ayam, buah, sayur, atau produk susu rendah lemak.

Dengan konsumsi makanan yang tepat saat sahur, Anda pun bisa lebih kuat dan berenergi saat menjalani puasa selama kurang lebih 12 jam.

8. Jangan makan secara berlebihan

Saat waktu buka puasa tiba, mungkin Anda sering merasa tergiur untuk langsung makan banyak sekaligus. Padahal kebiasaan ini justru tidak baik karena bisa menimbulkan rasa begah di perut.

Jadi, makanlah secukupnya dan perlahan-lahan. Dalam agama Islam, saat buka puasa dianjurkan untuk makan tiga buah kurma, buah-buahan lain, minum air, lalu berhenti sejenak menjalankan ibadah salat.

Anjuran ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Gula alami dari buah akan membuat tubuh menyadari bahwa Anda telah makan sehingga tidak merasa kelaparan dan kecil kemungkinannya untuk makan berlebih.

Makan berat bisa dilakukan sebelum salat Isya. Nah, saat makan berat, pastikan asupan Anda terdiri dari karbohidrat, protein tanpa lemak, dan serat dari sayuran.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk diet saat puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga