Siswa SMKN 7 Kendari Kembangkan Produk Olahan Hasil Laut

La Ode Aliarham, telisik indonesia
Sabtu, 21 Januari 2023
0 dilihat
Siswa SMKN 7 Kendari Kembangkan Produk Olahan Hasil Laut
Siswa SMKN 7 Kendari mengenalkan produknya pada pameran Galeri SMK se-Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" SMKN 7 Kendari mengembangkan berbagai macam produk hasil laut di antaranya abon ikan tuna, sambal ikan asap dan ekado "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya. Baik dari segi hasil alam, budaya dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tak heran kalau Indonesia memiliki banyak produk makanan olahan hasil laut.

Hal tersebut yang menjadi alasan SMKN 7 Kendari untuk mengembangkan berbagai macam produk hasil laut di antaranya abon ikan tuna, sambal ikan asap dan ekado.

Selain untuk memanfaatkan hasil laut yang ada di Kendari, pengembangan produk tersebut juga untuk mendorong minat siswa dalam berwirausaha.

Kepala SMKN 7 Kendari, La Resi, yang ditemui Telisik.id menjelaskan bahwa pengembangan produk tersebut akan terus ditingkatkan.

"Kita ini kan baru satu tahun berdiri jadi kendalanya dalam produksi itu kami kekurangan dana. Alatnya masih terbatas, masih pakai alat manual punya guru-guru. Tapi kita upayakan tiap tahun akan terus ada peningkatan secara bertahap," ungkap La Resi.

Baca Juga: Hadapi Dunia Kerja, Mahasiswa FPIK UHO Latih Pemetaan dan Pengolahan Data Remote Sensing

Meski baru setahun berdiri, SMKN 7 Kendari sudah tiga kali mengikuti pameran produk hasil laut tingkat SMK se-Sulawesi Tenggara, yang terbaru adalah pameran galeri SMK yang diadakan di The Park Kendari.

Dahniar, wakil kepala sekolah yang juga merupakan manager produksi mengaku beryukur karena produk siswanya ternyata diminati masyarakat.

Baca Juga: Manfaatkan Tulang Ikan Cakalang, Mahasiswa UHO Juara 2 Business Plan Tingkat Nasional

"Alhamdulillah pesanan ada terus, ini kita produksinya tiap hari Sabtu. Kita juga sudah punya izin perusahaan rumah tangga (PRT) dari Dinas Kesehatan, cuma belum ada izin dari BPOM makanya kita belum pasarkan ke toko-toko. Kalau sudah ada label BPOM, baru kita pasarkan lebih luas lagi," ujar Dahniar.

Diketahui, SMK Negeri 7 Kendari merupakan sekolah kejuruan pelayaran dan perikanan di Kota Kendari. (B)

Penulis: La Ode Aliarham

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga