SMAN 2 Kendari Dorong Siswa Kembangkan Potensi Diri Lewat Prestasi

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 16 November 2021
0 dilihat
SMAN 2 Kendari Dorong Siswa Kembangkan Potensi Diri Lewat Prestasi
Pemenang lomba mading dan lomba poster, pada kegiatan yang diselenggarakan Korps Sukarela (KSR) PMI Unit UHO. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Baru-baru ini, siswa SMAN 2 Kendari berhasil menjadi juara satu pada kegiatan yang diselenggarakan Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, kategori lomba mading dan lomba poster "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kendari terus mendorong siswanya melakukan pengembangan diri.

Salah satunya dengan mendapatkan prestasi. baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Baru-baru ini, siswa SMAN 2 Kendari berhasil menjadi juara satu pada kegiatan yang diselenggarakan Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, kategori lomba mading dan lomba poster.

Guru pembimbing SMAN 2 Kendari, La Ode Malidi mengungkapkan, ada beberapa tip dan trik yang digunakan dalam mengikuti perlombaan mading dan poster tersebut.

Baca Juga: LPMP Gelar Lokakarya, Rektor: UHO Segera Miliki Prodi Akreditasi Internasional

"Yang pertama saya membagi tugas, yang satu menyiapkan bahan ini dan yang satu menyiapkan bahan yang lain, mengumpulkan ide, terus mereka berkolaborasi akan seperti apa, dan itu mereka jalankan dengan baik yang pada endingnya mereka memperoleh nilai yang terbaik dari tim dewan juri," ungkapnya.

La Ode Malidi berpesan, kepada siswa yang berprestasi untuk terus memacu diri, jangan puas dengan yang diperoleh sekarang karena tantangan kedepan akan semakin besar.

"Potensi di setiap orang itu pasti ada, cuma kan yang agak susah adalah mengenal potensi itu dan ternyata anak-anak di sini itu bisa mengesplor dirinya, kemampuan mana yang mereka miliki, di situ yang mereka genjot," ujarnya.

Di tempat yang sama, pemenang lomba Mading, Ratna Pratiwi, Indri Septiamaya Sari dan Muh. Fadlan Barakati mengaku sangat senang karena kegiatan tersebut merupakan perlombaan pertama yang mendapatkan juara 1 bagi mereka bertiga.

"Kita harus percaya kalau kita ini bisa untuk mendapatkan juara," kata Ratna.

"Kita harus percaya diri, terus percaya sama tim, intinya kerjasama yang bagus itu bisa membawakan hasil yang baik," lanjut Indri.

"Dari pengerjaannya itu kita harus sabar, karena kalau kita sabar, saya percaya hasilnya akan maksimal," sambung Fadlan.

Baca Juga: Kejuaraan Sepak Bola Piala UHO Cup I Dibuka, Rektor Tekankan Sportivitas

Sementara itu, pemenang lomba Poster, Sitti Salsabilla Nafi'ah Rahmat mengatakan, tipnya untuk menjadi juara hanya ada dua yaitu usaha dan doa.

"Yang dua itu kaya sesuatu yang tidak bisa saya lepaskan dari diri saya kalau misalnya saya ikut lomba, di sisi lain juga itu kita perlukan pendapat ataupun dukungan dari teman-teman kita dan yang paling penting itu dari keluarga," jelasnya. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga