Soal Keterlambatan Latsar, Ini Tanggapan BKD Konawe Utara

Perliyansa, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
Soal Keterlambatan Latsar, Ini Tanggapan BKD Konawe Utara
Kepala Bidang Mutasi dan Informasi Kepegawaian Konut, Asmada. Foto: Perliyansa/Telisik

" Hanya saja, upaya-upaya yang akan dilakukan pihak BKD Konut ketika ada CPNS yang belum mengikuti Latsar, pihaknya belum bisa memberikan tanggapan. "

KONUT, TELISIK.ID - Jadwal latihan dasar (Latsar) yang menjadi polemik saat ini di kalangan CPNS 2019, akhirnya mendapat kejelasan dari pihak BKD Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Sebelumnya, BKD Konut mengakui keterlambatan Latsar untuk CPNS tahun 2019, yang disebabkan oleh bencana pandemi COVID-19.

Kepala Bidang Mutasi dan Informasi Kepegawaian Konut, Asmada mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinas dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Sultra terkait usulan jadwal Latsar CPNS 2019.

"Kami telah berkoordinasi dengan BKN Sultra terkait jadwal Latsar, untuk mendapat gelombang pertama karena jumlah CPNS yang belum ikuti Latsar masih banyak," kata Asmada, Rabu (10/3/2021).

Lebih lanjut Asmada mengatakan, untuk jadwal CPNS yang belum mengikut Latsar, pihaknya akan berupaya agar di akhir Maret atau awal April sudah mulai Latsar. Hanya saja, terkait kapan tanggalnya pihaknya tak bisa memastikan.

Baca Juga: Sejumlah Sekolah di Muna Butuh Rehabilitasi, Dikbud Segera Atasi

Selain itu, ia menambahkan, Latsar yang akan dilaksanakan akhir Maret atau awal bulan april tersebut akan mengikuti kesanggupan daya tampung dari Kantor BKN Sultra, berapa kouta yang akan mengikuti Latsar.

Asmada juga mengaku tak bisa memastikan berapa jumlah Latsar untuk gelombang kedua, yang jelas Latsar CPNS Konut masih ada beberapa gelombang lagi, mengingat masih ada 198 CPNS yang belum melaksanakan Latsar dari total keseluruhan 264 orang yang lulus.

Apalagi, anggaran Latsar telah ada, dan sudah siap untuk diusulkan ke CPNS yang belum mengikuti Latsar.

"Kalau anggaran Latsar sudah ada tinggal menunggu saja setelah selesai pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kabupaten Konut," ujarnya.

Hanya saja, upaya-upaya yang akan dilakukan pihak BKD Konut ketika ada CPNS yang belum mengikuti Latsar, pihaknya belum bisa memberikan tanggapan.

"Kalau upaya-upaya yang akan kami lakukan jika ada CPNS 2019 yang belum Latsar, kami belum bisa memberikan tanggapan, karena kami perlu memahami aturanya. Apalagi saat ini masih berupaya agar semua bisa mengikuti Latsar dengan segala keterbatasan akibat COVID-19," katanya.

Baca Juga: Barang Bukti 9 Kg, Dua Pengedar Sabu di Sumut Terancam 20 Tahun Penjara

Sementara itu, salah seorang CPNS 2019 Kabupaten Konut, yang engan mau disebutkan namanya berharap agar BKD harus jelas memberikan informasi, dan jangan ada yang disembunyikan.

Apalagi kata dia, jika ada pihak CPNS 2019 yang dirugikan akibat keterlambatan mereka dalam membuat jadwal Latsar.

"Saya harap jangan ada dari pihak kami CPNS 2019 yang dirugikan akibat keterlambatan Latsar," harapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan,  pernyataan dari Pihak BKD Konut akan ia tagih, manakalah upaya yang dilakukan hanya untuk meredam kegelisahan para peserta. (B)

Reporter: Perliyansa

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga