Soal Usulan Pj Wali Kota Kendari, DPRD dan Pemprov Beda Sikap

Musdar, telisik indonesia
Senin, 05 September 2022
0 dilihat
Soal Usulan Pj Wali Kota Kendari, DPRD dan Pemprov Beda Sikap
DPRD Kota Kendari akan terbuka kepada publik perihal 3 nama calon Pj wali kota yang akan diusulkan, sedangkan Pemprov Sultra akan tertutup. Foto: Musdar/Telisik.

" Pengusulan akan segera dilakukan mengingat masa jabatan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir akan berakhir 9 Oktober 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - DPRD Kota Kendari dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) akan mengusulkan masing-masing 3 nama calon Pj wali kota ke Pemerintah Pusat.

Pengusulan akan segera dilakukan mengingat masa jabatan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir akan berakhir 9 Oktober 2022.

Dalam pengusulannya, Pemprov memilih untuk tidak terbuka kepada publik, sedangkan DPRD jutsru akan bersikap transparan.

Pemprov Sultra melalui Pj Sekda, Asrun Lio mengatakan  tidak ada penjelasan agar pengusulan Pj wali kota dilakukan secara transparan.

"Tidak ada closure yang mengemukakan  transparansi dalam pengusulan Pj, justru sebenarnya untuk menjaga keamanan kenyamanan dan stabilitas para calon itu perlu dirahasiakan," kata Asrun Lio, baru-baru ini.

Baca Juga: DPRD Diberi Waktu Hingga 16 September Usul Pj Wali Kota Kendari

Dengan begitu lanjut Asrun Lio, maka siapa pun nama calon Pj wali kota yang diusulkan ke Pemerintah Pusat menjadi rahasia Gubernur Ali Mazi.

Sementara Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengungkapkan, DPRD akan transparan perihal siapa saja calon Pj wali kota yang diusulkan.

Baca Juga: Yusmin Didapuk Pimpin MW KAHMI Sultra Hingga 5 Tahun Mendatang

"Memang harus kita buka ke publik, supaya siapa yang kita usulkan juga menjadi bagian dari konsumsi masyarakat Kota Kendari. Ini kan juga bukan rahasia ya," ucap Subhan, Senin (5/9/2022).

Subhan menerangkan, dalam surat Kemendagri yang diberikan kepada DPRD tidak ada penjelasan untuk merahasiakan atau membuka ke publik terkait tiga nama yang diusulkan.

"Tidak ada. Tinggal dari kesepakatan teman-teman saja," pungkasnya. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga