Sosialisasi SKP, Sekda Konawe: Capaian Kinerja Individu Berperan Penting Bagi Organisasi

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 30 Mei 2022
0 dilihat
Sosialisasi SKP, Sekda Konawe: Capaian Kinerja Individu Berperan Penting Bagi Organisasi
Sekda Konawe, Ferdinan Sapan bersama Kepala BKPSDM, Ilhan Jaya dan Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Agus Sutiadi saat membuka sosialisasi penyusunan SKP. Foto: Aris Syam/Telisik

" Kegiatan sosialisasi sebagai upaya untuk bisa lebih memahami tentang peraturan yang dikeluarkan Menpan RB itu tentang kinerja PNS "

KONAWE, TELISIK.ID - Dalam rangka peningkatan kapasitas Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menggelar sosialisasi penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), Senin (30/5/2022).

Kegiatan sosialisasi tersebut berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Kemudian, SKP ini juga nantinya menjadi dasar pengukuran, pemantauan, pembinaan kinerja dan penilaian kinerja serta tindak lanjut hasil penilaian kinerja.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinan Sapan mengatakan, kegiatan sosialisasi sebagai upaya untuk bisa lebih memahami tentang peraturan yang dikeluarkan Menpan RB itu tentang kinerja PNS.

"Kegiatan ini sangat bagus buat kita semua, agar memahami apa yang dimaksud dengan tanggung jawab PNS itu," kata Ferdinan.

Baca Juga: Job Fit Pejabat di Muna Menanti Rekomendasi KASN

Lebih lanjut kata Ferdinan, salah satu bentuk tanggung jawab PNS tersebut memberikan pelayanan yang maksimal dan terukur, juga harus mengukur kinerja dari pegawai atau staf. Sebaliknya, para atasan mampu memberikan contoh kinerja baik bagi bawahannya.

Olehnya itu, untuk mencapai suatu kinerja yang bagus, maka diperlukan koordinasi yang baik antara kinerja individu dengan atasannya, sehingga tanggung jawab yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik di setiap instansi atau OPD.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Dorong Penurunan Stunting Hingga Tingkat Kabupaten

"Capaian kinerja individu sangat berperan penting bagi pencapaian kinerja organisasi," imbuhnya.

Jendral ASN Konawe itu berharap, agar apa yang disampaikan oleh pemateri tentang teknis penyusunan SKP ini, dapat dipahami dan akhirnya apa yang diharapkan untuk Konawe bisa tercapai.

"Semoga visi misi yang ada di RPJMD kita dapat tercapai sesuai harapan," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga