Tangani COVID-19, Pemkab Muna Siapkan Rp 12 Miliar

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 03 April 2020
0 dilihat
Tangani COVID-19, Pemkab Muna Siapkan Rp 12 Miliar
Pj Sekda Muna, Muhamad Djudul bersama kepala OPD usai Video conference bersama Kemendagri. Foto : Naryo/Telisik

" Sesuai intruksi pak bupati, anggaranya sudah disiapkan sebesar Rp 12 miliar. Toh, anggaran itu masih bisa bertambah bila wabah ini berkepanjangan. "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna sangat serius dalam menangani penyebaran pandemi virus COVID-19 (C-19). Sebagai bukti, Bupati Muna, LM Rusman Emba telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 12 miliar. Dana tersebut direlokasi dari setiap kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Sesuai intruksi pak bupati, anggaranya sudah disiapkan sebesar Rp 12 miliar. Toh, anggaran itu masih bisa bertambah bila wabah ini berkepanjangan," kata Muhamad Djudul, Pj Sekda Muna.

Baca juga: Pasien PDP Meninggal Dunia Asal Kolaka, Negatif COVID-19

Untuk tambahan alokasi anggaran, Pemkab terlebih dahulu akan berkonsultasi dengan BPK-RI Cabang Sultra. Termasuk meminta pendampingan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna.

"Kita minta pengutaan, jangan sampai salah, karena dana ini bersumber dari APBD," sebut mantan Sekretaris Kota Baubau itu.

Baca juga: Positif Corona di Kendari Bertambah Dua Orang

Sementara itu, Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan, Ali Sadikin secara tehnis menerangkan, dana tersebut diambil dari perjalanan dinas dimasing-masing OPD, kegiatan Bintek, pelatihan dan program-program yang dianggap belum prioritas. Dana akan digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) para medis dan persiapan kebutuhan pangan.

"Kita juga akan disokong dari Pemprov. Kebetulan dua anggota DPRD Sultra, La Ode Tariala dan LM Marshudi sudah menyampaikan agar kami bersurat di Pemprov. Insya Allah, akan ada bantuan," terangnya.

Reporter : Naryo

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga