Job Fit Pejabat di Muna Menanti Rekomendasi KASN

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 30 Mei 2022
0 dilihat
Job Fit Pejabat di Muna Menanti Rekomendasi KASN
Job fit para pejabat di Kabupaten Muna masih menunggu rekomendasi KASN. Foto: Ist

" Job fit dilakukan untuk mencocokan antara jabatan dan kompetensi pejabat dalam menjabarkan visi dan misi kepala daerah "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna berencana akan melakukan job fit terhadap pejabat esalon II.

Job fit itu dilakukan untuk mencocokan antara jabatan dan kompetensi pejabat dalam menjabarkan visi dan misi kepala daerah, dalam bentuk program kerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Untuk pelaksanaan job fit itu harus ada restu dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna pun telah mengajukan permohonan ke KASN dengan melampirkan dokumen surat keputusan (SK) panitia seleksi (Pansel) dan jumlah kepala dinas (Kadis) yang akan mengikuti job fit.

"Dokumennya sudah diserahkan dan sementara dipelajari oleh KASN," kata Kepala BKPSDM Muna, La Ode Ena, Senin (30/5/2022).

Ada 29 kadis yang nantinya akan diuji kemampuanya oleh Pansel yang terdiri dari unsur birokrasi, akademisi dan tokoh masyarakat independen. Hasil tes akan diserahkan ke bupati.

Baca Juga: Mobil Pinjaman Pj Bupati Muna Barat Disulap jadi Randis

"Tergantung Pak bupati, kalau hasilnya memuaskan, pasti akan tetap masuk dalam sistem, bila tidak maka bisa saja didemosi," ujarnya.

Setelah melaksanakan job fit, pihaknya juga tengah mempersiapkan lelang jabatan yang rencananya juga digelar tahun ini.

"Anggaran job fit dan lelang jabatan sudah siap semua," tukasnya.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Dorong Penurunan Stunting Hingga Tingkat Kabupaten

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba mengatakan, pelaksanaan job fit wajib dilakukan. Karena, ada beberapa kadis yang sudah 5 tahun menduduki satu jabatan. Otomatis, pasti ada kejenuhan.

"Sebagai bentuk penyegaran saja," tandasnya.

Job fit, atau yang juga biasa disebut dengan person-job fit, adalah cara untuk menilai kecocokan karakteristik kandidat dengan suatu posisi di tempatnya bekerja melalui kepribadian, soft skills, pengalaman, dan nilai-nilai (values) yang mereka miliki dalam bekerja. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga